Tak Juga Diperbaiki, Warga Tangsel Khawatir Tanggul Kembali Jebol

Senin, 09 Desember 2019 - 16:21 WIB
Tak Juga Diperbaiki, Warga Tangsel Khawatir Tanggul Kembali Jebol
Tak Juga Diperbaiki, Warga Tangsel Khawatir Tanggul Kembali Jebol
A A A
TANGERANG SELATAN - Sejumlah pemukiman warga yang berada di RT01 RW07, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), terancam longsor yang bisa terjadi setiap waktu. Warga mengeluh, bahwa hingga saat ini belum ada upaya perbaikan dari dinas terkait atau pemerintahan setempat.

Terungkap jika empat tahun yang lalu, lokasi itu pernah mengalami longsor di mana tembok pembatas tebing ambruk lantaran tak kuat menahan beban.

Guna mengetuk kepedulian Wali Kota Airin Rachmi Diany, lalu warga berinisiatif memasang spanduk di lokasi longsor. "Mohon bantuannya ibu Wali Kota Tangsel, longsor di Kelurahan Pondok Kacang Timur, empat tahun cuma di foto-foto doang," bunyi isi spanduk tersebut.

Salah satu warga yang sengaja memasang spanduk itu, Maryoto, mengatakan, mereka kecewa karena sudah sejak empat tahun lalu tinggal di area yang terancam longsoran. Tak ada upaya apapun yang dilakukan guna memerbaiki dinding tebing.

"Sudah empat tahun lebih longsor, dan saya sudah lapor ke Kecamatan, tapi cuma di foto-foto doang. Terus saya langsung laporan ke anggota dewan waktu reses kemarin, sampai sekaranh belum ada tindak lanjut," katanya kepada wartawan di lokasi, Senin (9/12/2019).

Dia merasa resah, lantaran kondisi tembok penahan tebing yang berada persis di sisi belakang rumahnya hanya diganjal dengan karung berisi pasir seadanya. Tembok itu pernah tergerus longsor, beruntung tak ada korban jiwa saat kejadian.

"Kita resah, karena pernah lapor ke Kecamatan Pondok Aren, tapi hingga kini belum ada tindakan apa-apa," jelasnya.

Tembok penahan tebing itu dibangun cukup tinggi, yakni sekitar lima meter. Setelah diterpa longsor beberapa tahun silam, kini tebing tinggi itu hanya ditopang oleh tumpukan karung berisi pasir. Kondisi demikian sangat rawan, karena karung pasir tentu saja tak mampu membendung pergeseran tanah jika hujan lebat melanda.

"Ini kan saya ganjal-ganjal sendiri pakai karung kalau nggak di ganjal ya ambles. Ini posisinya tepat di kamar tidur, dan kamar mandi sebelahnya. Ya ini bisa jadi bom waktu bagi saya dan beberapa rumah warga lainnya di sekitar sini," imbuhnya.

Dari lokasi diketahui, jika tebing tersebut berbatasan langsung dengan kawasan Perumahan Vila Bintaro Residence. Di sana terdapat beberapa rumah warga yang berada persis di sisi bagian atas tebing. "Saya juga sudah melaporkan ke pihak pengembang, namun sampai sekarang belum ada perhatian," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3491 seconds (0.1#10.140)