DKI Targetkan Penataan Kabel Utilitas Selesai Akhir Tahun 2019

Rabu, 13 November 2019 - 15:37 WIB
DKI Targetkan Penataan Kabel Utilitas Selesai Akhir Tahun 2019
DKI Targetkan Penataan Kabel Utilitas Selesai Akhir Tahun 2019
A A A
JAKARTA - Dinas Bina Marga DKI Jakarta targetkan penataan kabel utilitas jaringan telepon dan internet selesai diakhir tahun 2019. Pengerjaan kabel-kabel utilitas akan segera diselesaikan sehingga tidak lagi menggangu kondisi jalan dan dapat segara dimanfaatkan oleh pejalan kaki.

"Ke depannya tidak ada gali lubang tutup lubang. Targetnya bulan Desember beres," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/11/2019)

Hari menambahkan, saat ini pihaknya tengah membangun jalur masuk khusus untuk kabel yang berada di bawah tanah. Hal ini dilakukan agar memudahkan jika adanya pemasangan kabel kembali di kawasan tersebut. Jadi perusahaan jaringan komunikasi atau fiber optik lainnya bisa menggunakan fasilitas tersebut.

"Jadi kalau ada pemain fiber optik baru harus melalui main hole (lubang utama) kita. Kan sudah ada kotak-kotak besar tadi. Kan itu harus dibuka, lalu dimasukkan lewat jalur itu. Jadi bukan bongkar pedestrian," tuturnya.

Sebelumnya, kabel yang berada di atas diturunkan dan diabiarkan saja menggantung di tiang listrik sehingga memberikan kesan tak terurus. Kemudian program pemindaham kabel ke dalam tanah merupakan cakupan dari proyek revitalisasi trotoar.

Kmeudian, Hari mengatakan, kabel yang berantakan secepatnya dirapihkan bersamaan dengan penataan jaringan utilitas di wilayah DKI Jakarta. (Baca Juga: Usulan Anggaran Rp1,2 Triliun untuk Penataan Trotoar DKI Akan Dipangkas
"Semua akan dirapihkan dengan membangun main hole utilitas bawah tanah. Perlahan, seluruh kabel utilitas di Ibu Kota akan dibenahi dengan sistem tersebut agar tidak mengganggu pedestrian," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6743 seconds (0.1#10.140)