Besok, Pemkab Bekasi Akan Perkenalkan Mobil Kancil untuk Angkutan Umum

Rabu, 18 September 2019 - 14:05 WIB
Besok, Pemkab Bekasi Akan Perkenalkan Mobil Kancil untuk Angkutan Umum
Besok, Pemkab Bekasi Akan Perkenalkan Mobil Kancil untuk Angkutan Umum
A A A
BEKASI - Pemkab Bekasi segera memperkenalkan mobil kancil atau mobil mini merek Bajaj Qute untuk menjadi angkutan umum di lingkungan pemukiman. Mobil tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif angkutan umum, selain ojek daring di perumahan warga Bekasi.

Rencananya, mobil kancil ini akan diperkenalkan pada Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada Kamis 19 September 2019. "Besok (Kamis) kami perkenalkan kepada warga, tranportasi massal ini sebagai alternatif angkutan umum di lingkungan perumahan warga," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, Rabu (18/9/2019).

Menurut dia, mobil kancil ini mempunyai keunggulan seperti badan mobil cilik, irit dan lincah seperti kancil. Apalagi, kendaraan niaga ini memang dikhususkan sebagai alat transportasi bagi warga di lingkungan perumahan, karena kendaraan ini dinilai sangat efektif ketimbang ojek motor online.

Yana mengatakan pada momen pelucuncuran yang akan dilakukan di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi itu akan dikenalkan langsung oleh Dinas Perhubungan Jawa Barat yang akan mengenalkan desain produk mobil kancil.

Rencananya, mobil kancil itu akan beroperasi di seluruh wilayah perumahan sebagai angkutan ramah lingkungan. "Mobil itu rencananya hanya untuk kawasan perumahan saja, tidak sampai jalan protokol," katanya.

Hanya saja, pada momentum hari perhubungan nasional mobil itu belum dapat beroperasi. Pasalnya, saat ini sifatnya baru sampai perkenalan. Hingga saat ini, pemerintah masih menyiapkan trayek khusus bagi mobil kancil ini.

Yana menjelaskan, mobil kancil itu diusulkan oleh Koperasi Anggota Organda (Koanda) Kabupaten Bekasi untuk menjadi angkutan umum di lingkungan perumahan. Mobil Kancil atau mobil mini merek Bajaj Qute itu dianggap lebih efektif melayani warga masyarakat yang tersebar di 23 Kecamatan.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Bekasi, Yaya Ropandi menambahkan, mobil kancil itu sangat cocok digunakan sebagai transportasi di komplek perumahan. Apalagi ketika musim hujan, penumpang tak akan kehujanan berbeda dengan jika naik ojek dan angkutan umum menjadi solusinya.

"Sudah kami usulkan, kemungkinan dalam waktu dekat ini akan beroperasi. Karena izin trayek nya masih dalam tahapan kajian," katanya.

Menurut dia, sampai sekarang banyak perumahan di Kabupaten Bekasi yang belum terjamah oleh angkutan umum. Atas dasar itulah, mobil kancil ini hadir guna kepentingan transportasi murah bagi masyarakat.

Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno mengapresiasi kehadiran tranportasi massal yang bakal hadir di lingkungan warga. Menurut dia, luasan Kabupaten Bekasi sangat dibutuhkan transportasi massal seperti mobil kancil ini. "Mobil ini memang dibutuhkan warga, karena tidak semua lingkungan warga dilayani transportasi masal," katanya.

Nyumarno berharap kehadiran mobil kancil ini bukan sebagai jargon dari pemerintah semata. Namun, kehadiran mobil kancil ini bisa melayani seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi di 23 kecamatan. "Angkutan umum ini hanya ada dilingkungan permukiman warga, jangan sampai menambah kemacetan di jalan raya," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5377 seconds (0.1#10.140)