Ormas di Jakarta Bersatu Bersama Papua, Tolak Diskriminasi dan Rasis

Sabtu, 07 September 2019 - 23:38 WIB
Ormas di Jakarta Bersatu Bersama Papua, Tolak Diskriminasi dan Rasis
Ormas di Jakarta Bersatu Bersama Papua, Tolak Diskriminasi dan Rasis
A A A
JAKARTA - Gejolak yang terjadi di Papua membuat elemen masyarakat bersatu untuk meredakan suasana. Salah satunya Forum Pemuda Indonesia Bersatu (FPIB) yang menginginkan suasana kondusif di tanah Papua seperti beberapa bulan kebelakang.

Ketua FPIB Ferry FM Kilikily menuturkan, peserta forum ini berasal dari ormas yang ada di Jakarta. Mereka sepakat untuk bersatu bersama Papua agar kejadian kericuhan dan diskriminasi tidak terulang kembali.

"Bertujuan untuk mempersatukan NKRI, pesertanya ada PP, FBR, Forkabi. Sebenarnya banyak, saya lupa beberapa," ujar Ferry di Kebon Keruk, Jakarta Barat, Sabtu (7/9/2019).

Dalam forum itu, Ferry dan sejumlah ormas lainnya sepakat agar pemerintah bertindak tegas terhadap aktor intelektual ketika Papua bergejolak. Pihaknya juga enggan adanya kejadian sama seperti di Surabaya.

"Jangan diskriminasi dan rasis, karena biar bagaimanapun Papua itu adalah saudara kita. Saya tahu orang Papua itu orang baik, jangan sampai mereka dianaktirikan," tutur Ferry.

Aksi tersebut tidak akan berhenti hanya sebatas deklarasi dan pemberian dukungan. Pihaknya akan menjaring ormas-ormas untuk menyamakan suara agar warga lebih mencintai Bumi Cendrawasih itu.

"Kita akan sosialisasi ke tokoh pemuda, seluruh ormas nasional seluruh Indonesia. Kita juga akan ke daerah se Indonesia untuk mencintai Papua lebih dari siapapun," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Adat Biak Se Jabodetabek Yan Saba Rumbiak mengatakan, pemerintah harus menciptakan suasana sejuk di tanah kelahirannya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6378 seconds (0.1#10.140)