Ibu Kota Pindah, Penataan Jakarta Senilai Rp571 Triliun Tetap Lanjut

Senin, 26 Agustus 2019 - 20:12 WIB
Ibu Kota Pindah, Penataan...
Ibu Kota Pindah, Penataan Jakarta Senilai Rp571 Triliun Tetap Lanjut
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan di DKI Jakarta terus berlanjut meksipun Ibu Kota dipindahkan ke Kalimantan Timur (Kaltim). Seperti diketahui pemerintah pusat terus mendorong penataan di DKI Jakarta.

“Rencana Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan urban regeneration yang dianggarkan sebesar Rp571 triliun tetap terus dijalankan. Dan pembahasannya sudah pada level teknis dan siap dieksekusi,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (28/9/2019).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengakui bahwa pada pekan lalu sudah ada rapat teknis bersama Menteri Keuangan, Kepala Bappenas dan menteri perhubungan.( Baca: Ibu Kota Dipindah ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara )

"Sehingga rencana pembangunan di Jakarta jalan terus yang Rp571 triliun. Yang di Jakarta kita mendorong menjadi simpul kegiatan perekonomian global. Jadi Jakarta tetap akan menjadi pusat kegiatan perekonomian tidak ada pergeseran disitu,” ungkapnya.

Penataan DKI Jakarta tersebut ditargetkan selesai pada 2030 mendatang. Anggaran pembangunan berasal dari swasta, APBD, APBD dan dari kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).“(Fokusnya) satu adalah perumahan. Jadi pembangunan perumahan di Jakarta. Kedua pembangunan transportasi umun masal baik itu kereta api, LRT, MRT, mau pun jaringan bus seluruh Jakarta. Itu prioritas awal. Kedua jaringan utilitas, jaringan pembuangan air, jaringan air bersih kita kebut 10 tahun,” pungkasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7920 seconds (0.1#10.140)