Anies Baswedan Apresiasi Penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival

Senin, 19 Agustus 2019 - 16:31 WIB
Anies Baswedan Apresiasi Penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival
Anies Baswedan Apresiasi Penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival (JMF) yang diselenggarakan di Taman Impian Jaya Ancol, pada saat perayaan HUT ke-74 RI.

“Ini adalah sebuah ikhtiar untuk mengembangkan musik Melayu. Kita menyadari budaya bukan untuk dilestarikan karena dia menjadi bagian dari masa lalu kalau kita lestarikan. Budaya harus dikembangkan untuk mengikuti perubahan zaman,” kata Anies dalam keterangannya, Senin, (19/8/2019).

Menurut Anies, musik Melayu memiliki narasi-narasi yang penting. Narasi-narasi kemerdekaan dan narasi-narasi keadilan.

"Salah satu tradisi yang amat penting adalah musik Melayu. Karena musik Melayu memiliki narasi-narasi yang penting. Narasi-narasi kemerdekaan, narasi-narasi keadilan," ujar Anies.

Anies menjelaskan, Jakarta Melayu Festival bukan pertama kali ini, tapi sudah sembilan kali. Anies menyatakan sudah terlibat sejak awal dalam acara itu.

“Jakarta Melayu Festival (JMF) bukan sekadar melestarikan tetapi juga mengembangkan seni dan budaya, serta bagian dari upaya membahagiakan warga Jakarta” imbuhnya.

Anies pun mengaku bersyukur JMF dapat secara konsisten terselenggara secara konsisten sembilan kali berturut-turut.

Anies turut mengucapkan terima kasih kepada tiga figur, yaitu Geisz Chalifah, Ferry Mursyidan Baldan, dan Syamsuddin Ch Haesy yang konsisten menyelenggarakan JMF dari tahun ke tahun.

"Konsisten sembilan kali menyelenggarakan Jakarta Melayu Festival. Saya merasa bersyukur menjadi bagian sejak awal,” beber Anies

Sementara itu, produser Jakarta Melayu Festival Geisz Chalifah dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya karena JMF telah dilaksanakan yang ke-9 kalinya.

“Tahun ini adalah tahun kesembilan. Tahun depan Insha Allah yang ke-10, ke-11, ke-12, dan seterusnya sampai musik Melayu benar-benar menjadi identitas sajati bangsa Indonesia,” kata Geisz diiringi aplaus ribuan penonton.

JFM merupakan rangkaian acara dan hiburan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 yang berlangsung di kawasan Mall Ancol Beach City (ABC). Selain bertabur musisi dan penyanyi musik melayu, gelaran tahun ini tambah spesial dengan bintang tamu penyanyi reggae Tony Q Rastafara.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6073 seconds (0.1#10.140)