Peringati Kelahiran Mahatma Gandhi, Anies Bersepeda Bersama Dubes India

Rabu, 31 Juli 2019 - 09:49 WIB
Peringati Kelahiran Mahatma Gandhi, Anies Bersepeda Bersama Dubes India
Peringati Kelahiran Mahatma Gandhi, Anies Bersepeda Bersama Dubes India
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, diajak bersepeda oleh Duta Besar India, Pradeep Kumar Rawat. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati 150 tahun kelahiran Mahatma Gandhi, dengan tema 'Cycling for Non-Violence, Peace and Truth'.

"Pagi ini di Jakarta, kita bersama kedutaan India memperingati 150 tahun kelahiran Mahatma Gandhi. Mahatma Gandhi adalah seorang pribadi pejuang kemanusiaan yang ide-idenya, tindakannya, telah menginspirasi perjuangan kemerdakaan di berbagai wilayah khususnya di Asia dan Afrika," ujar Anies usai bersepeda di kawasan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2019).

Anies mengatakan, sosok Mahatma Gandhi ialah seorang yang mampu menginspirasi banyak orang untuk menyuarakan kemerdekaan individu maupun kemerdekaan universal.

"Karena itu kedutaan India ketika menyelenggarakan kegiatan 150 tahun ini kami sambut baik dan kita di Indonesia dan India memiliki hubungan baik yang amat panjang.

Anies menambahkan, pendiri kedua negara Indonesia Bung Karno, Bung Hatta adalah sahabat dari pendiri India Mahatma Gandhi."Hubungan baik inilah yang kemudian harus kita teruskan. Pagi ini saya sambut baik inisiatif untuk mengingat itu dan pesan yang disampaikan saya rasa sangat kuat," imbuhnya.

Terakhir menurut Anies, tulisan dikaos yang dikenakan pagi ini memiliki makna yang mendalam. Salah satu kutipan Gandhi yang amat menginspirasi, yakni mengenai balas dendam.

"Bila setiap mata harus diganti mata maka membuat seluruh dunia buta. Saya rasa ini pesan yang sangat positif," ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8752 seconds (0.1#10.140)