Pemkot Depok Tutup Jalan Ambles di Sawangan Menggunakan Plat Besi

Jum'at, 28 Juni 2019 - 22:35 WIB
Pemkot Depok Tutup Jalan Ambles di Sawangan Menggunakan Plat Besi
Pemkot Depok Tutup Jalan Ambles di Sawangan Menggunakan Plat Besi
A A A
DEPOK - Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad meninjau langsung lokasi jalan ambles di Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas, Jumat (28/6/2019). Mengingat statusnya jalan nasional, Pemkot Depok hanya bisa menyiapkan solusi sementara agar jalanan dapat dilintasi.

"Penangangan sudah dilakukan dengan menyingkirkan material longsor, namun karena jalan ini statusnya jalan nasional, maka kasusnya segera diserahkan kepada pusat sesuai kewenangan jalan tersebut," ujar Idris di lokasi jalan ambles.

Untuk solusi sementara, kata Idris, Pemkot Depok akan melakukan penanganan dengan menutup jalan ambles menggunakan pelat besi penahan. Sedangkan solusi jangka panjang, pihaknya meminta pemerintah pusat untuk membangun jembatan baru atau menggunakan box culvert, dengan tidak mengurangi penampang basah.

"Pihak (pemerintah) pusat akan mendatangkan tim perencana untuk adendum pekerjaan, guna mengakomodir perbaikan jembatan. Menurut informasi, hari ini langsung ditindaklanjuti," paparnya. (Baca juga: Jalan Raya Sawangan Ambles, Kemacetan Panjang Tak Terhindari)

Pengerjaan dengan menggunakan pelat besi diperkirakan rampung dalam satu pekan. Tetapi, jika dikerjakan dengan box culvert, diperkirakan rampung dalam dua sampai tiga pekan. "Sedangkan pembangunan jembatan baru dari beton dapat selesai dua sampai tiga bulan," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi, menyebutkan sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat dan berharap penanganan cepat rampung.

"Ya, sejak amblesnya jembatan Mampang semalam, kami langsung komunikasikan dengan pusat. Karena statusnya jalan nasional. Hari ini rencananya alat berat datang dari pusat, mudah-mudahan cepat rampung," tukasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7711 seconds (0.1#10.140)