Belum Juga Beroperasi, Anies Sebut LRT Masih Terkendala Soal Administrasi

Jum'at, 10 Mei 2019 - 12:07 WIB
Belum Juga Beroperasi,...
Belum Juga Beroperasi, Anies Sebut LRT Masih Terkendala Soal Administrasi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal pengoperasian Light Rapid Transit (LRT) yang hingga kini belum terlaksana. Anies mengatakan, saat ini beberapa pihak terkait tengah menggodok aturan operasional LRT.

"Jadi saat ini sedang menunggu hasil pertemuan antara Dishub dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian terkait permintaan konfirmasi dari pihak dishub, atas hasil pemeriksaan SOP, pengoperasian dan perawatan sarana yang telah disetujui oleh DJKI," kata Anies di Gedung PKK Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

Setelah itu, lanjut Anies, Dishub rencananya akan mengeluarkan rekomendasi teknis sebagai syarat nanti dari PTSP untuk bisa mengeluarkan izin bagi LRT.

Kemudian juga surat penugasan dari Jakpro kepada LRT Jakarta yang khusus terkait sarana saja serta surat yang ditandatangani oleh Jakpro dan LRT Jakarta.

"Itu harus dilakukan, jadi untuk nanti izin operasi sarana itu masih dibutuhkan, satu IMB untuk seluruh stasiun yang saat ini sedang diurus," terangnya.
"Kemudian izin pembangunan yang harus diajukan Jakpro kepada gubernur, setelah terbitnya izin usaha prasarana dan IMB itu, setelah itu selesai maka tinggal PKS ditandatangani bisa jalan," urai Anies.

Mantan Mendikbud itu menyimpulkan, operasional LRT Jakarta tersebut masih terganjal aspek administrasi. (Baca Juga: LRT Velodrome - Kelapa Gading DIjadwalkan Beroperasi Setelah Lebaran)

"Jadi sebenarnya lebih kepada aspek-aspek adminstratif, aspek-aspek ini nampaknya kecil tapi punya konsekuensi kepada ketertiban kita bila ada masalah, bila dikemudian hari ditemukan hal yang tidak benar, Bila administrasi tidak benar muncul masalah," tuturnya.

Meskipun begitu, Anies tetap optimis moda kereta ringan itu bisa segera beroperasi sebelum lebaran 2019. "Mudah-mudahan bisa selesai cepat, sedang dalam pembicaraan, saya sih berharap sebelum lebaran sudah selesai," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2885 seconds (0.1#10.140)