2019, DKI Pasang Alat Khusus untuk Awasi Penggunaan Air Tanah

Rabu, 05 Desember 2018 - 08:28 WIB
2019, DKI Pasang Alat Khusus untuk Awasi Penggunaan Air Tanah
2019, DKI Pasang Alat Khusus untuk Awasi Penggunaan Air Tanah
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya mengurangi pemakaian air tanah yang digunakan oleh gedung-gedung bertingkat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya akan memasang alat khusus untuk mengawasi penggunaan air tanah di wilayah hukumnya.

"Ya itu kita akan siapkan mulai tahun depan alat untuk bisa mengukur lebih baik penggunaan air," kata Anies di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Alat tersebut, lanjut Anies, menggunakan teknologi yang canggih. Nantinya petugas tidak perlu memantau secara manual.

"Jadi alatnya itu digital yang tidak perlu didatangi petugasnya yang rutin tiap bulan melaporkan. Kemudian di semua titik dilakukan pemeriksaan dan dipasang alat itu," bebernya.

Sekadar informasi, penggunaan air tanah yang berlebihan menyebabkan tanah di Jakarta terus menurun.

Sebelumnya, pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga angkat bicara soal penelitian mikro gravitasi empat dimensi (4D) antara tahun 2014 dan 2018 terindikasi telah terjadi penurunan permukaan tanah hampir di semua kawasan di daerah Jakarta Utara.

"Jakarta Utara dan lebih dari 40% wilayah DKI berada di bawah permukaan laut sehingga pembangunan kota nya harus memperhatikan hal-hal tersebut seperti menghentikan secara bertahap (target harus jelas berapa pengurangannya dulu 5, 10, 20, 50, 100 tahun) pengambilan air tanah (dengan berbagai pompa, mulai dari tingkat rumah tangga hingga gedung-gedung dan kawasan industri)," ujar Nirwono saat dihubungi SINDOnews, Selasa 4 Desember 2018.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6215 seconds (0.1#10.140)