Tahun Depan, Alokasi Upah Honorer Pemkab Bekasi Naik Rp73 Miliar

Rabu, 14 November 2018 - 16:07 WIB
Tahun Depan, Alokasi Upah Honorer Pemkab Bekasi Naik Rp73 Miliar
Tahun Depan, Alokasi Upah Honorer Pemkab Bekasi Naik Rp73 Miliar
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menaikan alokasi dana pegawai honorer di wilayah setempat sekitar Rp 73 miliar. Alokasi honor yang awalnya Rp112 miliar, kini menjadi Rp185 miliar di tahun 2019 mendatang.

Sedangkan Ketua RT/RW yang awalnya Rp500 ribu, naik menjadi Rp700 ribu per bulan mulai awal tahun depan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bekasi Eka Supriatmaja mengatakan, kenaikan nilai honor merupakan bentuk apresiasi pemerintah daerah dalam menaikan kesejahteraan pegawai non PNS yang mengabdi di Kabupaten Bekasi. "Kenaikan itu udah disepakati antara pemerintah dan DPRD Kabupaten Bekasi," katanya kepada wartawan, Rabu (14/11/2018).

Menurutnya, keputusan ini sudah melewati kajian dan pembahasan yang matang dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bekasi dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2019. Pegawai honorer yang dimaksud terdiri dari jasa tenaga kerja (Jastek) kependidikan.

Atau tenaga harian lepas (TJL) atau sukarelawan di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) hingga ketua RT/RW di wilayah setempat. Dia merinci, honor Jastek yang awalnya Rp150 ribu-Rp300 ribu per bulan kini dinaikan menjadi Rp500 ribu per bulan. Sedangkan Ketua RT/RW yang awalnya Rp500 ribu menjadi Rp700 ribu per bulan.

Nilai honor Ketua RT/RW lebih tinggi dibanding Jastek karena keberadaan mereka sangat penting dalam pembangunan daerah. Selain membantu dalam menjaga kondusivitas lingkungan dan pendataan penduduk, keberadaan RT/RW juga melancarkan pelayanan masyarakat.

Eka berharap, kenaikan honor ini bisa meningkatkan kinerjanya terutama dalam pelayanan kepada masyarakat. "Semoga ini menjadi penyemangat dan bisa mengabdi dengan sepenuh hati serta meningkatkan etos kerja di OPD masing-masing, dan RT/RW disetiap wilayah tetap berjalans sebagaimestinya," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7753 seconds (0.1#10.140)