Berpura-pura Petugas Call Center Bank, Tiga Pria Ini Bobol ATM Nasabah

Rabu, 07 November 2018 - 09:17 WIB
Berpura-pura Petugas Call Center Bank, Tiga Pria Ini Bobol ATM Nasabah
Berpura-pura Petugas Call Center Bank, Tiga Pria Ini Bobol ATM Nasabah
A A A
JAKARTA - Polisi menciduk tiga pembobol rekening nasabah bank dari mesin ATM, yakni Zainal Arifin, Darlan, dan Lilis Seprica. Ketiganya beraksi dengan berpura-pura sebagai petugas call center bank.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pelaku terlebih dahulu memasang jebakan di mulut meisn ATM menggunakn biji plastik yang sudah dimodifikasi, sehingga bisa menahan kartu yang dimasukkan korban. Di mesin ATM itu, mereka menempelkan nomor call center palsu.

Saat korban datang ke mesin ATM dan memasukkan kartunya ke mulut mesin ATM, kartunya terganjal dan tak bisa digunakan dan dikeluarkan. "Korban lalu menghubungi nomor call center palsu yang ditempel pelaku dan melapor kartunya tersangkut dan mau memblokirnya," ujar Argo kepada wartawan, Rabu (7/11/2018).

Selanjutnya, pelaku yang berpura-pura sebagai petugas call center palsu dari bank itu meminta data kartu tersebut beserta PIN-nya untuk konfirmasi. Korban yang merasa sudah melapor ke call center lalu meninggalkan lokasi. Saat itulah dua pelaku lain yang berperan sebagai ekeskutor datang mengambil kartu yang tersangkut menggunakan obeng.

"Zainal Arifin berperan memasang biji plastik, menempel nomor call center palsu di mesin ATM dan menarik rekening korban. Darlan berperan sebagai tukang gambar dan melihat situasi lokasi. Sedang Lilis pura-pura sebagai call center dari bank," katanya.

Mereka lalu mengambil uang dari dalam kartu ATM korban dengan bantuan dari satu temannya yang menjadi call center palsu untuk memberitahukan nomor pin kartu korban. "Mengambil uang yang ada di ATM korban dengan transfer ke rekening penampung dan juga dengan tarik tunai," tuturnya.

Setelah dilakukan penyelidikan, polisi berhasil menciduk ketiganya di dua tempat berbeda, yakni di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat; dan Mall Arion, Rawamangun, Jakarta Timur, serta menyita sejumlah barang bukti.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6088 seconds (0.1#10.140)