Kurangi Kemacetan, IPW Minta Ganjil Genap Terus Dilakukan

Kamis, 30 Agustus 2018 - 10:30 WIB
Kurangi Kemacetan, IPW Minta Ganjil Genap Terus Dilakukan
Kurangi Kemacetan, IPW Minta Ganjil Genap Terus Dilakukan
A A A
JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane menilai, perluasan wilayah ganjil genap selama Asian Games bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Maka itu, dia meminta, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk melanjutkan penerapan sistem ganjil genap setelah Asian Games. IPW mencatat, sebelum ada genap ganjil, perjalanan dengan mobil di pagi hari dari Bekasi Timur ke Semanggi kurang lebih 30 Km bisa mencapai 2,5 hingga 3 jam.

"Namun, dengan diterapkannya ganjil genap, waktu tempuhnya berkurang menjadi 1,5 hingga 2 jam. Selain itu kepadatan lalu lintas Jakarta berkurang drastis. Dari fakta ini bisa disimpulkan penerapan ganjil genap bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan Ibu Kota Jakarta," katanya di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Menurut Neta, Dirlantas Polda Metro Jaya perlu mengevaluasi sistem ganjil genap guna mengantisipasi kelemahan dan kekurangan sistem tersebut. Misalnya pemasangan rambu-rambu yang maksimal, rekayasa lalu lintas alternatif dan penambahan angkutan umum, sehingga masyarakat punya pilihan untuk bisa melakukan aktivitas di ibu kota.

"Dengan berhasilnya penerapan ganjil genap di Jakarta, sudah saatnya pemerintah melakukan uji coba penerapannya di kota-kota besar Indonesia sehingga kemacetan parah di kota-kota besar itu bisa diatasi," tuturnya. (Baca Juga: Dua Pekan Perluasan Ganjil Genap, Polisi Sebut Kemacetan Berkurang
Berbagai terobosan, tambahnya, perlu dirancang Polri bersama pemerintah untuk mengatasi kemacetan parah di berbagai kota di negeri ini. Sebab, kemacetan parah tersebut sudah menimbulkan ekonomi biaya tinggi bagi masyarakat.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7776 seconds (0.1#10.140)