Begini Kemeriahan Jakarnaval 2018 di Ibu Kota

Minggu, 08 Juli 2018 - 17:58 WIB
Begini Kemeriahan Jakarnaval 2018 di Ibu Kota
Begini Kemeriahan Jakarnaval 2018 di Ibu Kota
A A A
JAKARTA - Ribuan masyarakat Jakarta terlihat antusias menyaksikan pegelaran Jakarnaval 2018 pada Minggu (8/7/2018). Para peserta Jakarnaval yang berasal dari berbagai macam instansi dan komunitas menambah keseruan salah satu event dalam rangka HUT DKI Jakarta ke-491 tersebut.

Pantauan SINDOnews, ribuan masyarkat Jakarta tumpah ruah memadati sejumlah ruas jalan yang dilalui peserta Jakarnaval. Antusiasme yang tinggi, membuat sejumlah petugas Satpol PP kewalahan. Mereka disibukan menghalau masyarakat yang memadati jalanan yang menjadi akses karnaval.
Begini Kemeriahan Jakarnaval 2018 di Ibu Kota

Beberapa petugas di Jalan Medan Merdeka Selatan bahkan sampai membuat pagar manusia menghalau membludaknya masyarakat.
“Ya jarang-jarang mas, kapan lagi ada acara begini. Terakhirkan karnaval kayak gini ada pas Jokowi jadi Presiden,” ucap Aisyah (42) ketika ditemui di kawasan dekat Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.
Begini Kemeriahan Jakarnaval 2018 di Ibu Kota

Aisyah datang bersama dengan sejumlah tetangganya. Mereka berjalan kaki dari rumahnya di sekitar Gondangdia, Jakarta Pusat. Disana Aisyah tampak sibuk mengabadikan peserta Jakarnaval melalui kamera smartphone. “Lihat aja anak saya sampai suka, dia foto foto sama beberapa peserta karnaval,” ucapnya.

Event Jakarnaval juga mencerminkan budaya Indonesia, tak hanya budaya Jakarta saja. Beberapa persembahan budaya dan tarian ditampilkan dalam gelaran ini. Seperti, Ondel ondel, jaipong, reog Ponorogo, hingga budaya lainnya.
Begini Kemeriahan Jakarnaval 2018 di Ibu Kota

Tak hanya itu, penampilan dari seniman jalanan juga menampilkan pakaian jaman penjajahan. Bak tentara indonesia, para pengamen yang biasa mangkal di kawasan Kota Tua ini kemudian berjalan menenteng senjata mainan berjalan mengitari area karnaval.

“Jadi bisa dibilang sepert memperkenalkan budaya Indonesia,” ucap Kusuma (38) pengunjung yang di temui di kawasan Patung Kuda, Gambir.

Ada pula sejumlah komunitas komunitas yang hadir dalam acara itu, seperti komunitas skateboard, rollerblade, vespa, dan komunitas lain. Selain itu adapula penampilan sejumlah SKPD dan beberapa asosiasi yang ada di Jakarta. Serta TNI dan Polri yang datang dengan mobil lapis bajanya.
Begini Kemeriahan Jakarnaval 2018 di Ibu Kota

“Saya harapkan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya. Kita sambut hari lahir Jakarta ke 491, sekaligus promo Asian Games,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya. Anies berharap dengan kegiatan itu akan menjadi pemesartu bangsa hingga memperkenalkan kebudayaan masyarakat Indonesia.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5535 seconds (0.1#10.140)