Hari Pertama Kerja, ASN di Tangerang Rebutan Absen

Kamis, 21 Juni 2018 - 19:03 WIB
Hari Pertama Kerja, ASN di Tangerang Rebutan Absen
Hari Pertama Kerja, ASN di Tangerang Rebutan Absen
A A A
TANGERANG - Hari pertama masuk kerja, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, terlihat berebut absen kerja, setalah libur Lebaran.

Para ASN itu, berebut absen kerja, karena takut disanksi penghapusan tunjangan kinerja daerah. Namun, dari enam mesin finger print yang ada, hanya tiga yang bisa digunakan. Sehingga, ASN rebutan absen.

Pejabat Bupati Tangerang Komarudin mengatakan, memberi toleransi selama lima menit kepada ASN untuk mengisi absensi meski dilakukan secara manual.

"Kami menyesalkan banyak pegawai yang telat melakukan apel, karena berebut absen. Bahkan, ada yang eror, sehingga mereka harus isi manual," kata Komarudin kepada KORAN SINDO, Kamis (21/6/2016).

Dia berharap, mesin finger print yang ada bisa diperbanyak. Sehingga, tidak ada lagi ASN yang antre mengisi absen kerja dan berebutan. Sehingga bisa lebih teratur.

"Para pegawai yang menggunakan absen manual akan tetap terdata oleh pihak kepegawaian agar dilapor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi," timpal Komarudin.

Pemandangan berbeda terlihat di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Pada hari pertama kerja, seluruh ASN di Kota Tangerang langsung apel pagi.

Apel yang berlangsung di halaman Plaza Puspemkot Tangerang tersebut, dipimpin Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang Tabrani. Kepada ASN, Tabrani meminta ASN langsung bekerja seperti biasa.

"Kami mengimbau supaya teman-teman jangan lagi masih terlena dengan libur, karena hari ini sudah mulai masuk dan masuknya mulai jam 08.30 sampai 16.00 WIB, jadi libur Lebaran selesai," jelasnya.

Berdasarkan pengamatan di lokasi, apel dimulai pukul 07.30 WIB ini tampak sepi. Para pegawai terpantau tidak memenuhi barisan. Pjs Wali Kota Tangerang M Yusuf juga tidak ada di lapangan upacara.

"Apel perdana pasca Lebaran ini bukanlah kegiatan yang harus dihadiri oleh tiap-tiap operasi perangkat daerah. Melainkan hanya diikuti para ASN yang ada dilingkup Plaza Puspemkot Tangerang," terangnya.

Dilanjutkan dia, Pjs Wali Kota Tangerang M Yusuf akan menggelar halal bihalal dengan para pegawai, Jumat 22 Juni 2018 besok, di Plaza Puspemkot Tangerang.

"Para pegawai juga akan melaksanakan halal bihalal bersama Arief R Wismansyah yang saat ini sedang cuti, sebagai Wali Kota Tangerang lantaran menjalani masa kampanye Pilkada 2018," pungkasnya.

Sementara itu, Pjs Wali Kota M Yusuf dan Sekretaris Daerah (Sekda) Dadi Budaeri lebih memilih menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa OPD) yang berada di Pusat Pemkot Tangerang.

"Sidak ini kami lakukan untuk memastikan bahwa pelayanan publik di hari pertama pasca libur lebaran berjalan normal. Alhamdullilah, pelayanan normal," katanya.

Sidak dilakukan di kantor Bapenda dan BPKD, serta sejumlah kantor OPD seperti Dinas Perkim, DP3AP2KB, dan juga Dinas Kominfo. Adapun beberapa kursi kosong terlihat, karena pegawai halal bihalal.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5086 seconds (0.1#10.140)