Buka Turnamen Siswa, Mendikbud: Majunya Sepak Bola Majunya Bangsa

Jum'at, 04 Mei 2018 - 12:14 WIB
Buka Turnamen Siswa, Mendikbud: Majunya Sepak Bola Majunya Bangsa
Buka Turnamen Siswa, Mendikbud: Majunya Sepak Bola Majunya Bangsa
A A A
TANGERANG SELATAN - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menghadiri pembukaan turnamen sepak bola Gala Siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sekolah Global Jaya, Jalan Raya Jombang, Perigi Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (4/5/2018).

Didampingi Wali Kota Airin Rachmi Diany beserta jajaran terkait, KONI, Perwakilan PSSI, Menteri Muhadjir menyaksikan langsung pembukaan pertandingan antar sekolah SMP yang tersebar di berbagai wilayah Kota Tangsel. Tercatat, ada 7 tim yang bertanding, tiap timnya sendiri mewakili Kecamatan asal masing-masing.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir mengatakan, sepak bola adalah cabang olahraga yang paling populer di masyarakat, baik nasional maupun internasional. Sehingga bisa dikatakan, maju atau tidaknya negara selalu berkorelasi dengan maju atau tidaknya sepak bola di negara itu.

"Kita lihat di Asia misalnya, kita lihat Jepang, Korea, sepak bolanya bangkit, Cina juga sepak bolanya bangkit. Pokoknya semua negara yang maju, kemudian akan diikuti juga kemajuan sepak bolanya. Kalau kita (Indonesia) ingin maju, jadi negara besar yang maju, sepak bolanya juga harus maju," katanya.

Turnamen Gala Siswa sendiri adalah event yang digelar bersama-sama antara Kemendikbud, KONI, PSSI, dan pemerintahan daerah. Total siswa yang megikuti kegiatan ini di seluruh nusantara mencapai 144 ribu orang, yang terdiri atas 8.200 sekolah.

Berdasarkan keterangan PSSI beberapa waktu lalu, pertandingan Gala Siswa berlangsung sejak awal Januari 2018, dimana akan diisi dengan pertandingan tingkat Kecamatan. Selanjutnya, pada awal Maret hingga pertengahan Agustus 2018, turnamen akan meningkat ke level Kabupaten/Kota, lalu berlanjut ke tingkat Provinsi pada 1 hingga 14 September 2018.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mengalokasikan anggaran secara khusus untuk penyelenggaraan musim sepak bola ini," tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Taryono, menjelaskan, turnamen Gala Siswa kali ini merupakan yang pertama dihelat. Oleh karenanya, dia berharap event tersebut bisa melahirkan bibit-bibit pesepak bola handal bagi tanah air, yang dimulai dari usia sekolah.

"Ini yang pertama di tingkat Kota Tangsel, apalagi kita juga bangga karena bapak Menteri sampai hadir disini. Saya berharap, ini menjadi awal semangat dalam mengangkat sepak bola kita menjadi lebih maju," tukasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7029 seconds (0.1#10.140)