Anies Baswedan Hadiri Peringatan 2 Tahun Penggusuran Kampung Akuarium

Sabtu, 14 April 2018 - 15:14 WIB
Anies Baswedan Hadiri Peringatan 2 Tahun Penggusuran Kampung Akuarium
Anies Baswedan Hadiri Peringatan 2 Tahun Penggusuran Kampung Akuarium
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menghadiri peringatan dua tahun penggusuran Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (14/4/2018). Kedatangan Anies pun disambut senang haru oleh seluruh warga di lokasi tersebut.

Anies mengatakan, peringatan dua tahun penggusuran Kampung Akuarium ini, merupakan bukti bahwa keberpihakan kepada warga dan keberpihakan kontitusi itu bukan diwujudkan dengan kata-kata. Namun diwujudkan dengan perbuatan.

"Tempat ini, menjadi contoh, agar tidak terulang kembali di Tanah Air kita. Karena kalau kita lihat dua tahun ke belakang dengan peristiwa yang terjadi, tidak ada hati manusia yang tidak menangis, menyaksikan peristiwa itu," kata Anies dalam sambutannya di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Ia menjelaskan, penggusuran ini sebagai pelajaran bagi Republik Indonesia dan Dunia. Karena apa yang terjadi di Kampung Akuarium itu, tidak boleh terulang kembali dimanapun di bumi pertiwi ini. Di mana kebijakan itu harus menyandarkan pada konstitusi.

"Konstitusi kita itu, dirancang dengan spirit. Maka itu kita-kita yang hari ini menjalankan konstitusi harus paham betul bahwa esensi dasar konstitusi itu adalah keadilan," tuturnya.

Sebelum ke kampung akuarium, lanjut dia, dirinya sempat melihat rekaman peristiwa penggusuran itu. Maka itu kedepannya membangun kota secara baru, suatu kota yang sepenuhnya dibimbing oleh garis konstitusi dan garis kepentingan warga.

"Kita ingin kota yang mencapai kemajuan bukan kemajuan yang mengedepankan kesenjangan sosial. Bukan kemajuan yang menyingkirkan mereka yang ada dilapis bawah. Sebaliknya kemajuan yang akan menghidupi kehidupan sosial dan akan membawa warga dalam hidup bahagia. Bahagia apa? Lahir dan batin," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6971 seconds (0.1#10.140)