Puncak Diguyur Hujan, Tinggi Air Bendung Katulampa Naik Turun

Jum'at, 09 Maret 2018 - 17:55 WIB
Puncak Diguyur Hujan,...
Puncak Diguyur Hujan, Tinggi Air Bendung Katulampa Naik Turun
A A A
JAKARTA - Tingginya intensitas curah hujan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat membuat tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa sempat menyentuh angka 170 centimeter atau siaga II banjir Jakarta. Meningkatnya TMA itu pada pukul 16.25 WIB, Jumat (9/3/2018).

Namun, kenaikan status TMA Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa itu terjadi hanya berselang 25 menit. Sebelumnya pada pukul 16.00 WIB, petugas Pos Pengawas Bendung Katulampa sempat mengabarkan hanya 150 centimeter atau siaga III.

Kepala Petugas Pos Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman menjelaskan, saat ini tepatnya pukul 17.14 WIB, TMA kembali turun yakni 130 centimeter dengan status siaga III. (Baca Juga: Katulampa Siaga III, Warga Bantaran Sungai Ciliwung Diminta Waspada
"Cepat naik dan turunnya TMA dipengaruhi oleh curah hujan di kawasan Puncak, dan wilayah Bogor pada umumnya. Karena hujan dengan intensitas tinggi hanya tejadi di kawasan Puncak saja, sedangkan di Kota Bogor, tepatnya di Bendung Katulampa sendiri hanya hujan gerimis," katanya.

Namun demikian, ia mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung, seperti Depok dan Jakarta tetap waspada. "Karena cuaca di atas (Puncak) masih diguyur hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan di Kota Bogor sendiri saat ini mendung dan gerimis," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)