Atasi Banjir, Pemkot Jakarta Timur Bangun 900 Sumur Resapan

Rabu, 02 September 2020 - 22:13 WIB
loading...
Atasi Banjir, Pemkot Jakarta Timur Bangun 900 Sumur Resapan
Wali Kota Jakarta Timur M Anwar. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur membangun 900 ribu sumur resapan untuk mengatasi genangan dan banjir. Sepuluh lokasi sudah disiapkan sebagai percontohan dalam pembuatan vertical drainase atau sumur resapan.

Hal demikian disampaikan oleh Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar. Melalui pembuatan sumur resapan, dia berharap, air hujan yang turun dapat tertampung dengan baik. ( )

"Untuk tahap awal, ada 10 kelurahan yang akan dijadikan proyek lokasi percontohan. Dengan adanya sumur resapan itu diharapkan bisa menampung air lebih banyak," kata Anwar di Jakarta Timur, Rabu (2/9/2020). ( )

Lebih lanjut, dijelakan Anwar, 10 kelurahan yang akan menjadi percontohan pembuatan sumur resapan yaitu Kelurahan Utan Kayu Utara, Cipinang Cempedak, Kayu Putih, Penggilingan, Klender. Selanjutnya, Kelurahan Gedong, Kramat Jati, Bambu Apus, Kebon Pala dan Kelapa Dua Wetan. "Di wilayah itu resapan yang ada belum maksimal, makanya akan dibuatkan sumur," ujarnya.

Anwar menambahkan, agar proyek sumur resapan itu segera terlaksana maka pengerjaannya akan dimulai dari wilayah Jakarta Timur bagian Selatan. "Jadi air yang datang dari hulu kita tahan dengan waduk, dan ditambah lagi dengan sumur resapan," ungkapnya.

Menurut Anwar dengan pembuatan sumur resapan di wilayah Jakarta Timur bagian Selatan dapat mencegah banjir yang kerap datang pada musim penghujan. Selain itu, Anwar berharap agar ada keikutsertaan masyarakat dalam mengatasi banjir seperti halnya gedung-gedung perkantoran dan sekolah di Jakarta Timur pun ikut membuat sumur resapan.

"Perlu adanya komitmen dan dukungan masyarakat, maka genangan dan banjir di Jakarta akan berkurang dengan gerakan menabung air di wilayah Jakarta Timur," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)