Antisipasi Dampak Supermoon, Dinas SDA Siapkan Tanggul

Jum'at, 26 Januari 2018 - 06:12 WIB
Antisipasi Dampak Supermoon, Dinas SDA Siapkan Tanggul
Antisipasi Dampak Supermoon, Dinas SDA Siapkan Tanggul
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga agar mewaspadai ancaman rob yang terjadi di pinggir pantai, khususnya Jakarta Utara. Sebab fenomena supermoon merah bakal terjadi akhir Januari ini.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan perbaikan tanggul di pesisir Jakarta Utara. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan datangnya rob sebagai dampak dari supermoon.

Beberapa tanggul yang dahulu sempat bocor itu sempat dilakukan perbaikan, mulai dari menutup di badan tanggul hingga mempertinggi tanggul menggunakan karung karung pasir. “Kami telah tinggikan setengah meter, takut-takut imbas karena rob,” kata Teguh.

Menurut dia, beberapa lokasi yang terancam rob meliputi kawasan Kapuk Muara, Pantai Mutiara, Kamal, dan beberapa lokasi lainnya. Karenanya, selain memperbaiki tanggul pihaknya tengah menyebar pompa air di sejumlah titik. Beberapa pompa itu disiapkan untuk membantu menyurutkan bila sewaktu waktu genangan air meluber hingga ke permukiman warga.

Sebelumnya, Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi BMKG, Hary Tirto Djatmiko, memperkirakan supermoon akan terjadi pada 30-31 Januari 2018. Kala itu jarak bumi dan bulan hanya 358.993 kilometer dengan gerhana bulan total dengan warna merah.

Dampak fenomena supermoon yang terjadi di penghujung Januari itu, masyarakat di sekitar pesisir pantai diimbau waspada dan siaga terhadap peningkatan pasang air laut maksimum yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir rob.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7913 seconds (0.1#10.140)