BMKG Ingatkan Supermoon Merah, Waspadai Rob Akhir Januari

Jum'at, 26 Januari 2018 - 05:35 WIB
BMKG Ingatkan Supermoon Merah, Waspadai Rob Akhir Januari
BMKG Ingatkan Supermoon Merah, Waspadai Rob Akhir Januari
A A A
JAKARTA - Fenomena supermoon merah bakal terjadi akhir Januari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga agar mewaspadai ancaman rob yang terjadi di pinggir pantai, khususnya Jakarta Utara.

Sebab berbeda dengan supermoon sebelumnya. Supermoon kali ini bakal lebih besar 14% dan lebih terang sekitar 30% dari ukuran biasa atau apogee (bulan di dekat titik terjauhnya dari bumi). Selain itu, purnama perigee kali ini menjadi supermoon penuh dari tiga rangkaian supermoon yang berdekatan sebelumnya.

Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi BMKG, Hary Tirto Djatmiko, memperkirakan supermoon akan terjadi pada 30-31 Januari 2018. Kala itu jarak bumi dan bulan hanya 358.993 kilometer dengan gerhana bulan total dengan warna merah.

Dampak fenomena supermoon yang terjadi di penghujung Januari 2018, masyarakat di sekitar pesisir pantai diimbau waspada dan siaga terhadap peningkatan pasang air laut maksimum yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir rob.

"Kondisi tersebut diprediksikan terjadi antara 28 Januari–3 Februari 2018. Kawasan Tanjung Priok bakal terjadi rob, diprediksi siang hari,” ujarnya, Kamis (25/1/2018).

Sementara untuk luar Jakarta, rob diprediksi terjadi di Pontianak, Kalimantan ,yang tak jauh beda dengan Singapura. Rob didua tempat itu diprediksi bisa berlangsung hingga 4-5 hari. Hal itu lantaran karakternya frekuensi rendah.

“Biasanya daerah dengan tipikal low frekuensi ini pasangnya jauh lebih tinggi dari pada pantai yang berkarakter high frekuensi. Bisa selisih 2 meter,” jelas Hary.

Selain pada daratan, intensitas tinggi juga terjadi aliran sungai dekat pesisir. Kondisi ini memperburuk rob lantaran aliran air dan sungai menuju laut tertahan pasang laut
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6794 seconds (0.1#10.140)