Saran Pengamat Agar Jakarta Jadi Kota Layak Huni

Senin, 15 Januari 2018 - 08:59 WIB
Saran Pengamat Agar Jakarta Jadi Kota Layak Huni
Saran Pengamat Agar Jakarta Jadi Kota Layak Huni
A A A
JAKARTA - Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga memberikan saran kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar menjadi kota yang layak huni.

Saran pertama, kata Joga, warga kota dapat berjalan kaki atau bersepeda di kawasan pusat kota sehingga pencemaran udara harus bebas polusi.

Selain itu, pemerintah perlu menyediakan trotoar yang lebar, aman nyaman, ada jalur sepeda dan fasilitas sepeda sewa. (Baca: Sandi Ngebet Trotoar Jakarta Seperti Kota Newyork )

"Kedua, warga didorong menggunakan beragam transportasi massal (KA-KRL-KA bandara, kereta ringan/LRT, bustrans/BRT) menuju pusat kota," kata Joga saat dihubungi SINDOnews, Senin (15/1/2018).

Ia menambahkan, untuk mendukung terwujudnya kedua hal tersebut di atas maka pemda harus melakukan kebijakan yang membatasi pergerakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

"Seperti penerapan ganjil genap (mobil motor), e-parking progresif (daritepi ke pusat tiket parkir smakin mahal), pembangunan park and ride di stasiun KA," katanya.

Pembangunan park and ride, lanjutnya, bisa juga ditempatkan dekat halte-halte transit busway-terminal bus untuk pengendara memarkirkan kendaraannya dan berganti naik angkutan umum tersebut. "Sediakan pula area parkir dan gedung-gedung parkir yang memadai," kata Joga.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4416 seconds (0.1#10.140)