Artis Terlibat Narkoba, Kriminolog: Polisi Harus Tangkap Bandar

Rabu, 03 Januari 2018 - 08:45 WIB
Artis Terlibat Narkoba, Kriminolog: Polisi Harus Tangkap Bandar
Artis Terlibat Narkoba, Kriminolog: Polisi Harus Tangkap Bandar
A A A
JAKARTA - Guru besar kriminologi UI, Prof Mustofa menanggapi penangkapan artis yang mengonsumsi narkoba. Ia menyindir penangkapan ini tak ubahnya menembak burung dalam sangkar.

"Dimana-mana di seluruh dunia, artis itu sebagian besar menggunakan narkoba. Sebab narkoba sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Alasan lain artis memakai narkoba, karena pekerjaannya yang hampir seluruh hari dan tidak pasti," ucap Mustofa, Selasa 2 Januari 2017.

Dia menilai, penangkapan artis yang terlibat narkoba tidak akan membuat kasus narkoba menurun. Karena, kata dia, yang seharusnya dibongkar adalah bandar barang haram itu.

"Lagi pula pemberitaan seperti ini tidak ada dampaknya di pasar gelap narkoba. Tidak memengaruhi permintaan dan penawaran narkoba di pasar gelap. Berbeda kalau yang ditangkap bandar bahkan pemodal besar pemain narkoba," tandas Mustofa. (Baca Juga: Diduga Narkoba, Polisi Kembali Tangkap Artis Cantik Jennifer Dunn
Ia pun menyarankan sebaiknya polisi menangkap artis sebagai awal pengembangan penyelidikan. "Kalau pun artisnya mau ditampilkan, dia sebaiknya cuma sampiran pada kasus penangkapan para bandar," tutup Mustofa.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6687 seconds (0.1#10.140)