Girder Tol Desari Ambruk Dipastikan karena Tersenggol Eskavator

Selasa, 02 Januari 2018 - 13:51 WIB
Girder Tol Desari Ambruk Dipastikan karena Tersenggol Eskavator
Girder Tol Desari Ambruk Dipastikan karena Tersenggol Eskavator
A A A
JAKARTA - Pengelola proyek pembangunan Tol Depok-Antasari (Desari) menyebutkan, robohnya girder jalan itu terjadi karena tersenggol eskavator yang tengah melakukan penggalian tanah.

Deputi Project Manager PT Citra Wasphutowa Indra Purnadi mengatakan, jalan yang roboh girdernya itu merupakan salah satu proyek Jalan Tol Desari merupakan salah satu prioritas Presiden Indonesia untuk segera diselesaikam. Proyek itu bukan berasal dari APBN, tapi dari investor. (Baca: Beton Girder Tol Depok-Antasari di Jalan TB Simatupang Patah )

"Kontraktornya PT Girder Indonesia, sementara pihak pengelolanya PT Citra Wasphutowa," ujarnya pada wartawan di lokasi, Selasa (2/1/2018).

Menurutnya, enam balok girder yang roboh itu telah dipasang sejak 19 Desember 2017 lalu dan sudah kokoh karena sudah diberikan penguatan. Namun, pada hari ini girder itu roboh karena terkena eskavator.

"Kan ada aktivitas penggalian tanah di samping jembatan itu, lalu ada salah satu eskavator saat manuver mengenai salah satu blok girder. Akibatnya, girder roboh secara domino (berurutan)," tuturnya.

Namun dia bersyukur karena dalam insiden itu tak sampai menimbulkan korban jiwa, hanya menimpa truk pembawa tanah yang saat itu masih dalam kondisi kosong. Dan saat itu, tak ada aktivitas di bawah jembatan tersebut.

"Satu unit truk itu untuk membawa tanah, saat kejadian sopir truknya tak di dalam, sedang menunggu di bawah untuk membawa tanah," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6259 seconds (0.1#10.140)