Antisipasi Arus Balik, Polisi Disebar di Titik-titik Kepadatan

Selasa, 26 Desember 2017 - 16:09 WIB
Antisipasi Arus Balik, Polisi Disebar di Titik-titik Kepadatan
Antisipasi Arus Balik, Polisi Disebar di Titik-titik Kepadatan
A A A
JAKARTA - Puncak arus balik libur Natal diprediksi terjadi Selasa (26/12/2017) ini. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi hari ini akan terjadi peningkatan volume kendaraan di ruas Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarut arah Jakarta sebanyak 90.520 unit.

Untuk mengantisipasi kemacetan, polisi bekerja sama dengan Jasa Marga sudah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. "Prediksi arus balik Natal 2017 terjadi hari ini. Maka itu, kami tempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa (26/12/2017).

Menurut dia, arus balik ke Jakarta diprediksi terjadi pada Selasa ini dan Rabu besok. Maka itu, polisi menyiapkan skema rekayasa arus lalu lintas yang akan dilakukan oleh setiap polres di wilayah Polda Metro Jaya. "Petugas sudah siap. Seperti di Cikampek dan Bekasi, petugas siap dengan berbagai macam strateginya agar tidak ada kemacetan panjang," tuturnya.

Apabila sampai terjadi kemacetan, polisi sudah menyiapkan skema contraflow untuk mengurainya. Bahkan, apabila terlalu padat, akan ada penambahan satu jalur di jalanan menuju Jakarta. (Baca: Hari Ini, Puncak Arus Balik Libur Natal melalui Tol Cikampek)

Polisi juga terus berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk memantau CCTV di jalanan. Jika ada kepadatan, petugas akan langsung bergerak, termasuk di pintu masuk tol. "Bila ada antrean panjang atau kepadatan, bisa pula dilakukan buka tutup. Kita akan analisa CCTV, termasuk di Cikarang Utama," tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4566 seconds (0.1#10.140)