Massa Main Hakim Sendiri, Komunikasi Sosial Sesama Warga Mandek

Jum'at, 11 Agustus 2017 - 13:39 WIB
Massa Main Hakim Sendiri, Komunikasi Sosial Sesama Warga Mandek
Massa Main Hakim Sendiri, Komunikasi Sosial Sesama Warga Mandek
A A A
JAKARTA - Seorang warga Cikarang, M Al Zahra alias Joya, tewas setelah dikeroyok dan dibakar oleh massa di Bekasi beberapa waktu lalu. Banyak pihak yang masih menyayangkan peristiwa sadis tersebut.

Pengamat Sosial dan Komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Said Ramadhan menilai, secara sosial hal tersebut disebabkan kurangnya kepercayaan masyarakat pada aparat penegak hukum.

“Tetapi dari sisi komunikasi, peristiwa tersebut mengindikasikan mandeknya komunikasi sosial antarwarga," ujar Said saat dihubungi SINDOnews, Jumat (11/8/2017).

Menurut Said, hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di sosial media. "Di sisi lain bentuk-bentuk komunikasi maya kian gencar yang isinya tidak bisa dipertanggung jawabkan," tegasnya.

Belum lagi beragam berita hoax dan provokatif bertebaran di jagat dunia internet. Terpaan media sosial yang vulgar dan kurang bertanggungjawab membuat masyarakat mudah terpancing.

"Sehingga ketika ada pemicu-pemicu atau trigger sepele saja, orang-orang dengan mudah melampiaskan emosinya," tutup pria yang menjabat Dekan FISIP Uhamka itu.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9274 seconds (0.1#10.140)