Hari Ini Tertib Trotoar Dimulai, 155 Titik Pedestrian di DKI Dijaga

Selasa, 01 Agustus 2017 - 07:03 WIB
Hari Ini Tertib Trotoar Dimulai, 155 Titik Pedestrian di DKI Dijaga
Hari Ini Tertib Trotoar Dimulai, 155 Titik Pedestrian di DKI Dijaga
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai hari ini, Selasa (1/8/2017) hingga akhir Agustus 2017 menggiatkan tertib trotoar. Pot-pot bunga akan ditempatkan di pinggir trotoar sehingga jalur pedestrian tidak bisa dijadikan lahan parkir sepeda motor maupun mobil.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan telah mengeluarkan instruksi gubernur (Ingub) sekaligus memerintahkan seluruh perangkat di wilayah untuk menertibkan trotoar dan menempatkan tanaman di pinggir trotoar yang berbatasan dengan badan jalan.

“Kalau memang harus ada pot bunga di situ, pot bunga harus di pinggir supaya trotoarnya bagus, dan pot bunga juga harus dirawat," kata mantan Wali Kota Blitar itu, di Balai Kota, Senin (31/7/2017).

Dengan adanya bulan tertib trotoar, Djarot berharap terjadi perubahan perilaku dari masyarakat. Sebab, masalah utama tidak tertibnya trotoar lantaran perilaku masyarakat yang belum tertib. “Trotoar khusus pejalan kaki bukan untuk motor atau mobil juga bukan untuk jualan," tandasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menuturkan, telah melibatkan 10 TNI dan 10 petugas kepolisian yang setiap harinya menertibkan 155 titik trotoar di tingkat wilayah kota. “Apel akan dilaksanakan Kasatpol PP bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kepolisian, serta TNI pada 1 Agustus/hari ini," ujarnya.

Penggunaan trotoar sesuai fungsinya akan didukung melalui sisa dana infrastruktur Simpang Susun Semanggi (SSS) sebesar Rp219 miliar. Rencananya dana tersebut akan digunakan untuk membangun jalur pedestrian. Di trotoar akan dibuat kotak utilitas (box ducting). Jalur pedestrian juga tidak akan memiliki batas dengan gedung-gedung.

“Jadi betul-betul kita bangun trotoar yang ramah pejalan kaki dari Patung Pemuda ke Semanggi, dari Semanggi sampai Benhil. Itu tugasnya PT Mitra Panca Persada. Sisanya dari Benhil sampai Patung Kuda di Monas, itu Koefisien Luas Bangunan (KLB) PT Keppel Land," tutup Sekda.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3711 seconds (0.1#10.140)