Penyidik Harus Transparan Dalam Menetapkan Habib Rizieq Tersangka

Sabtu, 03 Juni 2017 - 13:05 WIB
Penyidik Harus Transparan Dalam Menetapkan Habib Rizieq Tersangka
Penyidik Harus Transparan Dalam Menetapkan Habib Rizieq Tersangka
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya telah menetapkan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab sebagi tersangka dalam kasus chat berbau pornografi. Apalagi kepolisian juga memasukkan nama Habib Rizieq dalam daftar pencarian orang.

Praktisi hukum, Alungsyah mengatakan, penetapan status tersangka kepada Habib Rizieq aneh dan menimbulkan tanda tanya dan terkesan di paksakan oleh penyidik.

Seperti diketahui dalam konteks pidana penetapan seseorang sebagai tersangka haruslah melalui prosedur dan tahapan yang sudah ada aturannya. Misalnya, minimal ada 2 alat bukti yang sah, terakhir putusan MK harus disertai dengan legalitas cara memperolah alat bukti tersebut.

"Jadi kalau itu tidak terpenuhi, maka penetapan itu jelas bermasalah. Apa coba yang menjadi dasar penyidik menetapkan Habib Rizieq tersangka? Ada tidak pemeriksaan dan sebagainya? Oleh karenanya Penyidik harus melakukan klarifikasi dan transparan dalam menangani kasus ini, agar publik dapat melihat atas kebenarannya, kata Alung melalui keterangan persnya, Sabtu (3/6/2017).

Menurut Alung, seharusnya dalam kasus ini yang paling utama dikejar polisi adalah penyebar obrolan pribadi tersebut, karena disana ada unsur pokok kejahatannya. Karena itu penetapan tersangka Habib Rizieq harus dipertanyakan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6272 seconds (0.1#10.140)