2 Hari Beroperasi, 2.700 Kendaraan Bermotor Melintas di Underpass Tambun/Jam

Jum'at, 12 Mei 2017 - 23:41 WIB
2 Hari Beroperasi, 2.700 Kendaraan Bermotor Melintas di  Underpass Tambun/Jam
2 Hari Beroperasi, 2.700 Kendaraan Bermotor Melintas di Underpass Tambun/Jam
A A A
BEKASI - Dua hari beroperasinya underpass Tambun di Desa Mekarsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, terbukti efektif mengurai kemacetan disekitar wilayah Tambun hingga Cibitung. Sebelum ada underpass tersebut kemacetan tidak bisa terelakan.

Sebab, jalan tersebut adalah akses menuju Tambun Selatan yang dulu harus melintasi rel kereta api, kini tak ada lagi hambatan. Apalagi, terowongan ini dibangun untuk mendukung pembangunan Double-Double Track (DDT) yang saat ini sedang dibangun oleh PT KAI untuk kebutuhan KRL Comuter Line Jakarta-Cikarang.

Saat ini, setiap jam rata-rata kendaraan roda dua yang melintas di underpass Tambun mencapai 1.800 unit. Sedangkan kendaraan roda empat sebanyak 900 unit. Jumlah itu bertambah signifikan jika pada jam sibuk mulai pukul 05.00-09.00, dan 17.00-21.00 WIB.

"Sudah bisa mengurai kemacetan di sekitar wilayah Tambun dan Cibitung," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bekasi, Suhup kepada Koran SINDO, Jumat (12/5/2017). Menurutnya, underpass Tambun dapat mengurai kemacetan di beberapa titik sepanjang Jalan Sultan Hasanudin Tambun hingga Cibitung.

Suhup menjelaskan, sebelum adanya terowongan tersebut, jika pintu perlintasan kereta api tutup lima menit, kemacetan di titik tersebut bisa mencapai 1 kilometer lebih setiap harinya. Namun setelah adanya underpass ini, membuat kereta yang melintas di wilayah Tambun tidak mengganggu pengendara yang hendak melintas.

Salah seorang warga Nurul Artiya mengatakan, kini tak harus lagi macet-macetan untuk menuju Pasar Tambun dari rumahnya di Perumahan Papan Mas. Perempuan 28 tahun ini cukup terbantu dengan adanya underpass Tambun yang baru saja diresmikan pada Rabu, 10 Mei 2017.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7039 seconds (0.1#10.140)