Peringati Hardiknas, Ikatan Istri Partai Golkar Gelar Baksos di Bogor

Jum'at, 05 Mei 2017 - 23:12 WIB
Peringati Hardiknas, Ikatan Istri Partai Golkar Gelar Baksos di Bogor
Peringati Hardiknas, Ikatan Istri Partai Golkar Gelar Baksos di Bogor
A A A
BOGOR - Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di Yayasan Bilqis Assyifa Al-Ummah, Bogor Barat, Kota Bogor. Dalam baksos tersebut, Ketua IIPG Deisti Novanto menyerahkan bantuan berupa makanan sehat dan bergizi untuk balita dan ibu hamil, serta sembako.

“Sama halnya dengan baksos di Sukabumi, baksos di Kota Bogor diadakan dalam rangka silaturahmi dan konsolidasi dengan IIPG daerah. Melalui baksos ini juga, kita menyampaikan edukasi dan ajakan kepada masyarakat untuk menyukseskan ketahanan pangan nasional yang dimulai dari ketahanan pangan keluarga,” kata Deisti Novanto dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (5/5/2017).

Deisti menjelaskan, ketahanan pangan di keluarga dapat dimulai dengan memanfaatkan setiap jengkal tanah di sekitar rumah. Menurutnya, sudah banyak teknologi tepat guna pertanian yang dapat dimanfaatkan dalam mengoptimalkan lahan di sekitar rumah. Cara konvensional adalah dengan menggunakan pot sampai kepada teknik agroponik atau ventrikulur.

“Demikian juga pemanfaatan sampah rumah tangga dapat dijadikan sebagai kompos organik dengan cara yang sederhana,” ujar Deisti.
Dalam program ketahanan pangan ini, IIPG telah meluncurkan program Rumah Pangan Golkar (RPG) yang menghubungkan para UKM pertanian penghasil pangan dengan masyarakat yang membutuhkan sembako.

Tidak hanya harga murah yang diberikan dalam program RPG, tetapi bagaimana jaringan RPG dapat dijadikan sebagai pasar alternatif oleh para petani. Deisti juga membuka peluang sebesar-besarnya bagi masyarakat yang berkeinginan membuka RPG dengan sistem waralaba.

Selama ini, lanjut Deisti, IIPG membuka cabang RPG dengan memanfaatkan ruang di kantor-kantor Golkar baik di provinsi ataupun di tingkat kabupaten/Kota. Ke depan, akan dibuka kesempatan bagi komunitas-komunitas binaan untuk membuka RPG bagi pemenuhan sembako di komunitasnya.

“Pola kerja sama yang kami tawarkan ada dua skema. Komunitas atau masyarakat cukup menyiapkan tempat atau juga dapat sekaligus bertindak sebagai pemodal. Pilihan manapun yang pasti merupakan kerjasama sinergis dan saling menguntungkan,” ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7833 seconds (0.1#10.140)