Bawaslu se-Indonesia Ikut Awasi Pilgub DKI Jakarta

Selasa, 18 April 2017 - 17:14 WIB
Bawaslu se-Indonesia...
Bawaslu se-Indonesia Ikut Awasi Pilgub DKI Jakarta
A A A
JAKARTA - Sebanyak 33 anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi se-Indonesia ikut dikerahkan guna mengawasi jalannya Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta putaran kedua, Rabu 18 April 2017.

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, keterlibatan jajarannya dari tingkat provinsi diharapkan bisa membantu proses pengawasan yang dilakukan pengawas lapangan dan TPS. Khususnya di lokasi yang rawan terjadi pelanggaran.

"Kalau ada kebingungan pengawas lapangan mereka bisa bantu. Kan mereka komisioner provinsi yang pernah menangani pilkada, oleh sebab itu pengalaman mereka tangani pilkada bisa advice kepada petugas di DKI, supaya pemilu kita lebih baik," kata Bagja usai menjadi pembicara diskusi di Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Menurut Bagja, ke-33 anggota Bawaslu provinsi ini nantinya akan disebar disejumlah lokasi di Ibu Kota, seperti daerah percontohan, daerah rawan serta daerah yang potensial menjadi lokasi pertemuan antara dua pendukung pasangan calon. "Intens ketegangan mungkin ada, tapi kericuhan semoga tidak terjadi," kata Bagja.

Selain itu, lokasi yang akan diperkuat dukungan pengawasannya, menurut Bagja adalah tempat dimana ditemukan pelanggaran masif selama masa kampanye dan masa tenang.

"Salah satunya daerah yang penyebaran sembakonya besar, walau kita berharap tidak ada hal negatif di situ," tambah Bagja.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)