KPU DKI Tak Akan Lakukan Coklit Data Pemilih Putaran Kedua

Kamis, 09 Maret 2017 - 20:00 WIB
KPU DKI Tak Akan Lakukan Coklit Data Pemilih Putaran Kedua
KPU DKI Tak Akan Lakukan Coklit Data Pemilih Putaran Kedua
A A A
JAKARTA - KPU DKI Jakarta tidak akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data pemilih Pilgub DKI Jakarta. Ini dikarenakan KPU memiliki keterbatasan waktu.

Ketua KPU DKI Jakata Sumarno mengatakan, waktu yang terbatas menuntut KPU bekerja efektif dalam menuntaskan tahapan Pilgub DKI Jakarta putaran kedua. Termasuk soal pemutakhiran data pemilih, di mana KPU menyiasati waktu satu bulan untuk mendata ulang masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih dengan membuka posko di setiap kelurahan.

“Jadi kita tidak coklit (pencocokan dan penelitian) datang dari rumah ke rumah seperti putaran pertama. Kita hanya buka posko pendaftaran. Jadi warga diharapkan proaktif melakukan pengecekan,” kata Sumarno disela Rapat Kerja Persiapan Pelaksanaan Tahapan Pilgub DKI Jakarta 2017 Kamis (9/3/2017).

Menurut Sumarno, penyempurnaan data pemilih menjadi prioritas pihaknya pada putaran kedua. Dia juga memastikan petugas akan menyasar sejumlah lokasi yang pada putaran kedua banyak ditemukan hambatan dalam proses pendataan pemilih, seperti warga yang tinggal rusun atau apartemen.

“Kita sudah koordinasi dengan dinas perumahan untuk bisa membuka posko dirusun dan apartemen. Jadi nanti kita bisa masuk ke apartemen dan rusun, dimana warga yang selama ini tidak terdata bisa mendaftarkan diri disitu,” jelas Sumarno.

Sebelumnya hasil rapat kordinasi antara KPU dengan KPU DKI menyimpulkan masih ada 5.530 warga yang belum masuk dalam DPT. Warga tersebut tidak masuk sebagai kategori pemilih karena belum merekam data kependudukannya dalam e-KTP.

Adapun pada putaran pertama lalu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI mengeluarkan surat keterangan (pengganti sementara e-KTP) sebanyak 84.591.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6208 seconds (0.1#10.140)
pixels