Rizal Ramli Sebut Partai Pendukung Ahok Akan Tenggelam

Selasa, 07 Maret 2017 - 19:03 WIB
Rizal Ramli Sebut Partai Pendukung Ahok Akan Tenggelam
Rizal Ramli Sebut Partai Pendukung Ahok Akan Tenggelam
A A A
JAKARTA - Perolehan suara sejumlah partai politik pengusung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilgub DKI Jakarta tahun 2017 diprediksi bakal anjlok dalam pemilu 2019.

Prediksi tersebut disampaikan Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya era Jokowi, Rizal Ramli saat berbicara di hadapan kader PKS, di Hotel Bumi Wiyata Depok, Jawa Barat, Selasa (7/3/2017).

"Partai-partai besar pendukug Ahok bisa tenggelam bersama Ahok," ucap Rizal.

Prediksi Rizal bukan tanpa alasan. Menurutnya, kasus dugaan penistaan agama yang menyeret nama Ahok menjadi salah satu faktor yang bisa menggerogoti suara partai yang memperoleh suara cukup tingi di Pemilu 2014.

Rizal mengakui, tipe pemilih yang berpretensi terhadap agama masih mendominasi pemilik suara di Indonesia. Mantan Kepala Bulog era Presiden Abdurrahman Wahid ini mendorong PKS untuk memanfaatkan momentum agar bisa mendongkrak popularitas dan perolehan suara di pemilu mendatang.

"Faktor agama di daerah masih kuat. Maka parpol pendukung Ahok akan anjlok. Yang 19 persen jadi anjlok menjadi 12 persen," sambung Rizal.

Dalam Pilgub DKI Jakarta, pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syasiful Hidayat diusung oleh sejumlah parpol besar. Diantaranya bahkan menjadi pemenang pemilu 2014. Partai tersebut seperti, PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6768 seconds (0.1#10.140)