4 Anggota KPPS di Jakarta Barat Kedapatan Ikut Kampanye Djarot

Rabu, 08 Februari 2017 - 09:28 WIB
4 Anggota KPPS di Jakarta Barat Kedapatan Ikut Kampanye Djarot
4 Anggota KPPS di Jakarta Barat Kedapatan Ikut Kampanye Djarot
A A A
JAKARTA - Empat anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terlibat dalam kampanye pasangan Cawagub DKI Jakarta Djarot Saiaful Hidayat di kawasan Jati Pulo, Palmerah, Jakarta Barat.

Terungkapnya kasus ini merupakan temuan dari Petugas Pengawas Lapangan (PPL) Panwaslu Jakarta Barat bersama dengan warga setempat. Saat itu keempat anggota KPPS lengkap menggunakan atribut kampanye paslon nomor urut dua, serta melakukan yel-yel layaknya tim sukses.

Ketua Panwaslu Jakarta Barat Puadi mengatakan, empat orang dari Jati Pulo itu yakni anggota KPPS TPS 013 Eko Budi, anggota KPPS TPS 015 Muji Aryanto, anggota KPPS TPS 015 Endang Mulyadi, dan anggota KPPS TPS 014 Nedi Junaedi.

"Petugas Pengawas Lapangan (PPL) kami yakni, Agus Gunawan mengetahui hal tersebut. Bukti fotonya ada," kata Puadi, Selasa, 7 Februari 2017 kemarin.

Puadi menuturkan, pihaknya telah memanggil keempatnya untuk dimintai keterangan. Hasilnya, mereka mengaku hanya sebagai simpatisan cawagub bernomor urut dua.

Meski demikian, tak lantas membuat keempat lolos dari saksi. Merujuk sebagaimana UU No 15/2011 dan UU No 10 /2016 tentang Pemilu dan Pilkada maka penyelenggara negara, termasuk KPPS wajib bersikap netral. Sebab itulah, Puadi melanjutkan, empat anggota KPPS itu wajib dipecat.

Bila tak dipecat oleh KPU, maka KPU dipastikan melakukan pelanggaran. "Kami menyelidiki, apakah ada keterlibatan lainnya," jelasnya.

Puadi mengaku telah melayangkan surat rekomendasi kepada KPU Jakarta Barat. Nantinya surat itu, akan menjadi keputusan apakah KPU memberikan sanksi atau tidak.

"Surat balasanya sendiri baru bisa kami terima maksimal tujuh hari," ujarnya.

Terpisah Ketua KPU Jakarta Barat Suna‎rdi Sutrisno membantah tegas pihaknya dianggap tidak netral. Sunardi menyayangkan dengan keterlibatan empat orang itu. Sebab itu, pemecatan kepada keempat dipastikan terjadi.

"Malam ini juga kami panggil mereka beserta PPK. Mereka saya pastikan dipecat," tegas Sunardi. Meski demikian, Sunardi mengatakan pelanggaran yang dilakukan keempatnya bukanlah pidana. Namun hal ini tetap mengganggu netralitas yang di junjung pihaknya.

Ke depannya agar peristiwa tak terulang. Sunardi akan mengumpulkan seluruh Petugas KPPS. Penyampaian materi beserta ancaman sanksi akan di sampaikan oleh dirinya nanti. "Netralitas di tubuh kami harga mati," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7107 seconds (0.1#10.140)