Warga Kampung Aquarium Berharap Anies Kembalikan Kampung Mereka

Selasa, 07 Februari 2017 - 21:28 WIB
Warga Kampung Aquarium Berharap Anies Kembalikan Kampung Mereka
Warga Kampung Aquarium Berharap Anies Kembalikan Kampung Mereka
A A A
JAKARTA - Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta 2017 nomor urut 3, Anies Baswedan berjanji akan menata kembali Kampung Aquarium, Penjaringan, Jakarta Utara yang tidak ditindaklanjuti Pemprov DKI pasca dibongkar tahun lalu. Penataan akan dilakukan dengan peremajaan (urban renewal).

Saat berkampanye di Kampung Aquarium, daerah bekas gusuran yang masih terbengkalai, Anies mendengarkan keluhan warga dan mengecek langsung pembangunan tembok di belakang Kampung Aquarium yang dinilai warga mebuat orang miskin tidak bisa melihat laut.

Termasuk dengan tenda pengungsian dan rumah-rumah kayu yang benar-benar tak layak huni karena sempit dan tak mampu melindungi orang di dalamnya dari hujan dan panas.

Koordinator warga Kampung Akuarium, Yani mengungkapkan ketidakadilan yang dilakukan pemerintah terkait penggusuran di kampung mereka. Dimana, warga seolah dirampas haknya oleh pemerintah, dibuang dan diasingkan ke ujung utara Jakarta.

"Kami hanya ingin dikembalikan kampung kami, kalo dilihat regulasinya kami tak melanggar aturan," ungkap Yani usai menemani Anies blusukan di kampung Akuarium, Selasa (7/2/2017).

Kampung Akuarium memang tidak memenuhi unsur sebagai kampung yang perlu digusur. Karena bukan ruang terbuka hijau dan bukan daerah serapan, sehingga diperbolehkan untuk pemukiman.

Ibu berusia 40 tahun itu menuturkan bila sebenarnya warga tak keberatan jika dilakukan penataan kampung ketimbang dipindahkan ke rusunawa tanpa adanya jaminan kepastian hidup. "Kami mendukung rencana Anies-Sandi untuk melakukan urban renewal pada kampung di Jakarta," ujarnya.

Kondisi memprihatinkan memang sangat dirasakan Anies. Dia pun tertegun melihat sebuah masjid yang masih berdiri di tengah reruntuhan. Tanpa menunggu lagi, Anies segera menyempatkan mengambil wudhu dan mendirikan salat sunnah, Tahuyatul Masjid. Langkah Anies itu langsung diikuti oleh warga yang sedari tadi menemaninya blusukan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5720 seconds (0.1#10.140)