Pascakebakaran, Renovasi Vihara Petak Sembilan Terkendala Soal Desain

Sabtu, 28 Januari 2017 - 13:28 WIB
Pascakebakaran, Renovasi Vihara Petak Sembilan Terkendala Soal Desain
Pascakebakaran, Renovasi Vihara Petak Sembilan Terkendala Soal Desain
A A A
JAKARTA - Musibah kebakaran yang melanda Vihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat pada Maret 2015 lalu masih tersisa.

Meskipun begitu, pihak pengelola terus berupaya memperbaiki agar para jemaat bisa nyaman dan khusyuk beribadah di vihara tersebut. (Baca: Wihara Petak Sembilan Terbakar)

Dalam membangun kembali bagian vihara yang rusak, pihak pengelola harus memperhatikan soal desain asli bangunan cagar budaya itu.

"Ini belum pulih semuanya. Karena ini tunggu gambarnya dan desainnya," ucap Away di Petak Sembilan, Sabtu (28/1/2017).

Pembangunan, kata Away, bukan terkendala biaya melainkan masih ada perdebatan soal desainnya, lantaran masih tetap ingin mempertahankan bentuk aslinya.

"Dana sudah, tapi masalah gambar. Puing-puing kan sebentar. Tapi masalah gambar. Patung juga dirancang juga. Ini kan (bangunan) purbakala, susah, karena ingin mempertahankan seperti yang lalu," jelas Away.

Away mengaku belum bisa memprediksi kapan proses perbaikan bangunan itu bisa segera selesai.

Sebelumnya, Vihara Dharma Bakti mendapat musibah yakni kebakaran hebat. Si jago merah melalap habis patung-patung dan bangunan ibadah itu. Beruntung, patung Dewi Kuan Im dan beberapa patung Budha bisa selamat dari kobaran api.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5776 seconds (0.1#10.140)
pixels