Tiga Pasangan Calon Diharapkan Tak Buat Program Lebay

Jum'at, 27 Januari 2017 - 11:47 WIB
Tiga Pasangan Calon...
Tiga Pasangan Calon Diharapkan Tak Buat Program Lebay
A A A
JAKARTA - Tiga pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta diharpakan tak membuat program yang mengada-ada dan sulit untuk diterapkan saat terpilih menjadi Gubernur dan Wagub DKI Jakarta periode mendatang.

Pengamat Politik dari Lembaga Penelitian Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, pada debat kedua malam nanti tentunya akan menambah referensi bagi masyarakat Jakarta yang belum memiliki pilihan saat Pilgub mendatang. "Nanti, masyarakat pun akan melihat kriterianya, seperti bagaimana gestur tubuh paslon saat berbicara dan menyampaikan pemikirian, membagi tugas, mempresentasikan yang bisa jadi keberhasilan, serta apa yang sudah dilakukannya," kata Pangi pada SINDOnews, Jumat (27/1/2017).

Menurut Pangi, dalam debat pertama beberapa waktu yang terlihat lebih banyak menyerang antara satu dengan pasangan calon lainnya, khususnya serangan personal. Maka itu, dalam debat malam nanti diharapkan setiap pasangan calon hanya saling menyerang pada segi gagasan saja dan programnya.

"Jadi pendalaman eksplorasi visi misi itu penting sehingga bisa menjawab pertanyaan pemilih yang belum memiliki referensi itu," tuturnya. Dia menambahkan, pada debat kedua ini, dua palson penantang incumbent diharapkan bisa mempersiapkan materi debat dengan baik karena mempengaruhi pilihan masyarakat nantinya.

"Selain itu, harus menyampiakan program sederhana, realistis, dan logis. Jangan buat program mengawang, tinggi, lebay tapi realitasnya sulit diimplementasikan karena masyarakat lebih mengenal program yang realistis dan tak lebay serta mudah diterapkan," katanya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7400 seconds (0.1#10.140)