KNKT Sebut KM Zahro Express Beda dengan Kapal Lainnya

Kamis, 05 Januari 2017 - 12:29 WIB
KNKT Sebut KM Zahro Express Beda dengan Kapal Lainnya
KNKT Sebut KM Zahro Express Beda dengan Kapal Lainnya
A A A
JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan berkoordinasi dengan sejumlah lembaga terkait bangkai Kapal Motor (KM) Zahro Express. Karena, KNKT akan melakukan pemeriksaan terhadap bangkai kapal tersebut.

"Inisiasinya ada di Pol Air, nanti komunikasi dengan KNKT dan direktorat perhubungan laut. Nanti saya akan koordinasi. Tapi yang pasti sekitar sini, enggak bisa jauh karena kapal ini kan harus ditarik pelan-pelan, jangan sampai tenggelam kembali," kata Ketua Tim Investigasi Pelayaran Zahro Express dari KNKT Aldrin Dalimunte di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara, Rabu (5/1/2017).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, beberapa perbedaan KM Zahro Express dengan kapal-kapal lainnya.

"Kapal ini tidak dilarang menggunakan AC, tidak dilarang menggunakan fiber glass. Investigasi kami kapal Zahro ini berbeda dengan kapal-kapal lainnya, Zahro satusatunya kapal yang memiliki ac yang dilapisi oleh fiber. Bahan dasarnya tadinya sama-sama kayu. Mungkin pemiliknya punya uang lebih, dari kapal-kapal lain," jelasnya.

Aldrin pun mengaku tak masalah soal bahan pembuat kapal tersebut. "Tidak ada masalah. Seperti yang kita lihat, kapal-kapal pesiar yang ada di Marina itu juga fiber. Penyebabnya untuk menutup agar kedap udara jadi bisa digunakan AC," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6010 seconds (0.1#10.140)