Dinas Kebersihan DKI Tambah 45 Alat Berat di TPST Bantar Gebang

Senin, 28 November 2016 - 10:15 WIB
Dinas Kebersihan DKI Tambah 45 Alat Berat di TPST Bantar Gebang
Dinas Kebersihan DKI Tambah 45 Alat Berat di TPST Bantar Gebang
A A A
JAKARTA - Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta melakukan penambahan alat berat di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi. Penambahan alat berat ini untuk mengurangi antrean truk sampah yang masuk ke Bantar Gebang.

Setidaknya ada 45 alat berat yang akan ditambah dari pengadaan APBD Murni dan Perubahan 2016. Sebanyak 45 alat berat itu yakni berjenis Excavator sebanyak 18 unit, 14 unit Dozer, dua unit Excavator Long Arm, 6 unit Wheel Loader, dan 5 unit Refuse Compactor.

“Alat berat ini menambah kekuatan 15 armada alat berat yang sebelum telah ada di TPST. Sehingga total kami mengunakan 60 alat berat di TPST Bantar Gebang. Semuanya sekarang sudah beroperasi,” kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adji melalui siaran persnya, Senin (28/11/2016).

Adji mengklaim jika dengan adanya penambahan alat berat ini, maka lama antrean truk sampah di TPST Bantar Gebang tidak melebihi dari tiga jam, sehingga rotasi truk sampah dapat lebih optimal.

Sementara itu, Kepala Unit Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (UPST) Dinas Kebersihan, Asep Kuswanto mengatakan, alat-alat berat tersebut akan ditempatkan untuk melakukan perapihan sampah di zona titik buang, perataan dan pemadatan sampah untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan lahan dan kestabilan permukaan TPST.

“Saat ini, kami sudah melakukan penambahan alat berat, perbaikan jalan di dalam TPST, perbaikan instalasi pengelolaan air sampah, dan membangun pencucian mobil. Yang terpenting kami akan menerapkan standar sanitary landfill yang benar,” kata Asep.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8036 seconds (0.1#10.140)
pixels