Demo 4 November, Masjid Tempat Menginap Pedemo Dijaga Tentara

Kamis, 03 November 2016 - 16:39 WIB
Demo 4 November, Masjid Tempat Menginap Pedemo Dijaga Tentara
Demo 4 November, Masjid Tempat Menginap Pedemo Dijaga Tentara
A A A
JAKARTA - Dukungan pengurus masjid terhadap massa pedemo dari daerah di luar Jakarta mendapat perhatian petugas keamanan. Sejumlah anggota TNI diketahui mendatangi masjid yang akan menjadi lokasi penginapan massa demo 4 November 2016 untuk ikut lakukan pengamanan.

Salah satu lokasi masjid yang dipersiapkan untuk tempat menginap demonstran adalah Masjid Jami Al Ikhlas yang ada di Jalan Kebagusan II, RT 03/06, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di masjid ini, mampu menampung tempat beristirahat bagi 200 orang.

Salah satu pengurus Masjid Jami Al Ikhlas, Umar Nadi mengatakan, sudah ada ratusan orang yang menelpon ingin menginap di masjid ini. "Sudah banyak yang memberikan kabar akan datang menginap, seperti dari Belitung, Magetan, Solo, Pandeglang, Cilegon, Lampung, dan Batam," ujarnya kepada SINDOnews, Kamis (3/11/2016).

Mereka yang memberikan kabar itu akan bertolak ke Jakarta menggunakan moda transportasi kereta dan pesawat. Umumnya, mereka datang secara berombongan.

Pengurus masjid sudah terbiasa menampung dan melayani masyarakat karena saat banjir pun, Masjid Al Ikhlas kerap dijadikan sebagai posko banjir membantu warga.

"Alasan kami menampung itu, karena kami kan juga pernah jadi suporter bola. Kami berpikir, masa suporter bola saja punya solidaritas tinggi, kita tidak bisa. Apalagi ini kita sesama umat dan jamaah mau menggelar aksi bela Alquran. Setelah diusulkan ke Ketua Pengurus Masjid, kebetulan dipersilakan," katanya.

Tak hanya di Masjid Al Ikhlas, kata Umar, pengurus musala yang ada di sekitaran Jalan Kebagusan II pun sudah berkoordinasi dengan pengurus Masjid Al Ikhlas, kalau musala-musala tersebut siap pula menampung massa pendemo bila di kawasan Masjid sudah tidak lagi bisa menampung massa.

"Untuk keamanan, tadi pagi ada sekitar lima orang TNI lengkap menggunakan seragam, datang dan berbicara dengan pengurus masjid. Jadi disini pun kita dijaga," jelasnya

Dia menambahkan, rencananya, jika massa yang menginap di Masjid Al Ikhlas itu sudah mulai berdatangan. TNI pun akan ikut melakukan pengawalan menjaga agar kawasan masjid tetap tertib.

Besok, massa yang menginap di masjid rencananya bakal menaiki Commuter Line menuju Masjid Istiqlal, mereka pun akan dikawal pula oleh anggota TNI ke lokasi titik kumpul.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7661 seconds (0.1#10.140)