Kasus Ortu Buang Bayi, Kemensos Diminta Lakukan Ini

Senin, 03 Oktober 2016 - 08:01 WIB
Kasus Ortu Buang Bayi, Kemensos Diminta Lakukan Ini
Kasus Ortu Buang Bayi, Kemensos Diminta Lakukan Ini
A A A
JAKARTA - Kasus penelantaran anak oleh orangtuanya bukan pertama kali terjadi. Penelantaran anak oleh orang tua merupakan fenomena gunung es yang ada di Indonesia. Sehingga, pemerintah harus segera mengambil upaya pencegahan sesegera mungkin.

"Ini fenomena gunung es loh. Kemensos harus sudah mulai melihat (mapping) keluarga yang rentan disfungsi sosialnya," kata psikolog Universitas Indonesia (UI) Dewi Haroen di Depok, Minggu 2 Oktober 2016.

Pemicu utama orang tua menelantarkan anak adalah karena terjadi disfungsi peran keluarga. Sehingga berakibat pada tidak berjalannya peranan orang tua yang seharusnya membesarkan dan mendidik anak dengan kasih sayang, namun justru menelantarkan di rumah sakit.

"Pasti ada masalah yang membuat mereka seperti itu. Ada disfungsi keluarga sehingga orang tua merasa bisa membahayakan anaknya. Karena terbatasnya pengetahuan maka orang tua memilih cara itu karena merasa tidak ada jalan lain," katanya.

Dengan adanya peranan Kemensos untuk memetakan keluarga rentan disfungsi maka ketika keluarga itu menghadapi masalah seperti ini mereka bisa mendapat jalan keluar yang baik. Artinya, cara adopsi yang legal bisa dilakukan jika mereka sudah mengetahuinya.

"Harus sudah mulai difikirkan hal ini. Kemensos harus mulai melihat keluarga yang disfungsional untuk mencegah hal ini terjadi dan berulang," kata Dewi.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7426 seconds (0.1#10.140)