Bobol ATM, Pelajar Bekasi Tewas Mengenaskan

Rabu, 17 Agustus 2016 - 20:17 WIB
Bobol ATM, Pelajar Bekasi Tewas Mengenaskan
Bobol ATM, Pelajar Bekasi Tewas Mengenaskan
A A A
JAKARTA - Anggota Kepolisian Sektor Pebayuran terlibat baku tembak dengan kawanan perampok saat membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank BRI di Desa Kertasari RT 01/02, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Rabu (17/8/2016) dini hari tadi sekitar pukul 02.45 WIB.

Akibatnya, satu dari dua pelaku yang merupakan pelajar kelas II SMA 6 di Kabupaten Bekasi tewas saat mobil yang ditumpanginya menabrak sebuah pohon dan rumah toko (ruko) di wilayah tersebut. Sedangkan satu pelaku lainnya, berhasil diamankan penyidik. Pelaku tewas adalah MKL (16), dan satu pelaku hidup adalah VS (22), seorang pengangguran.

"Pelaku MKL tewas di tempat, sedangkan satu pelaku masih hidup dalam kondisi luka berat, masih belum bisa diinterogasi penyidik," kata Kapolsek Pebayuran AKP Siswo kepada SINDO.

Siswo menjelaskan, aksi perampokan ini terungkap saat anggota mendapat telepon dari petugas keamanan ATM bernama Rudi. Saat itu, Rudi melapor ada dua pria dengan gelagat yang mencurigakan di lokasi. Mereka datang ke lokasi menggunakan mobil Daihatsu Ayla B 1935 PAC.

Berbekal laporan itu, petugas langsung terjun ke lokasi. Setibanya di sana, petugas mendapati seorang pelaku tengah bersiaga di ruang samping kemudi mobil yang diparkir di dekat ATM. "Satu pelaku lainya sedang membobol mesin ATM dengan mesin las," ujarnya.

Meski aksinya kepergok, kata dia, pelaku MKL justru melarikan diri. Padahal petugas telah melepas tembakan peringatan ke udara sebanyak dua kali. Takut terkena tembakan petugas, MKL yang membawa senjata air softgun lalu membalas tembakan petugas.

Beruntungnya, petugas di lokasi mampu mengelak tembakan yang dilepas pelaku. Kemudian, pelaku MKL berlari ke arah mobil dan mengambil posisi kemudi. Petugas kemudian menembak ke arah kaca depan mobil dan samping kanan, namun pelaku tetap melarikan diri.

Tak ingin buruannya kabur, lanjut dia, petugas kembali mengejar pelaku menggunakan satu unit mobil. Anggota dan pelaku akhirnya kejar-kejaran hingga sejauh satu kilometer. Karena panik, akhirnya mobil yang dikendarai pelaku menabrak pohon dan ruko milik warga.

Kanit Reskrim Polsek Pebayuran, Ipda Suhadi menambahkan, petugas lalu melakukan penyergapan dan menggeledah mobil yang ditumpangi tersangka. Nahas, pelaku MKL tewas di lokasi sedangkan VS mengalami luka robek di bagian kepala dan paha kanan akibat benturan. "Pelaku tewas karena mengalami luka yang parah di bagian kepala," tambahnya.

Jasad korban lalu dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur guna kepentingan penyidikan. Sementara pelaku hidup masih ditangani tim medis dan masih belum bisa diinterogasi.

Dari tangan dua pelaku, kata dia, petugas menyita barang bukti yang dipakai pelaku berupa senjata airsoft gun, alat las, pisau dapur, golok dan mobil Daihatsu Ayla B 1935 PAC. Pelaku dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dan pemberatan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7214 seconds (0.1#10.140)