Pemkot Depok Pastikan Bahan Pangan di Wilayahnya Aman

Senin, 06 Juni 2016 - 16:03 WIB
Pemkot Depok Pastikan Bahan Pangan di Wilayahnya Aman
Pemkot Depok Pastikan Bahan Pangan di Wilayahnya Aman
A A A
DEPOK - Untuk mengantisipasi pedagang curang, Pemkot Depok menyisir sejumlah pasar untuk mencari bahan pangan berbahaya. Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Depok mengaku akan gencar melakukan penyisiran ke sejumlah pasar tradisional.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Depok Etty Suryahati mengatakan pihaknya hanya memastikan bahwa produk asal hewan (PAH) yang dijajakan di pasar aman dikonsumsi secara umum apalagi di bulan Ramadhann kebutuhan yang meningkat.

Dikhawatirkan adanya Bahan Tambahan Pangan (BTP) berbahaya ataupun cemaran mikroba. "Jika kami curigai maka akan diuji dengan rapid test hingga uji lab. Rekomendasi pada polisi atau PPNS," Senin (6/6/2016).

Kategori yang diuji diantaranya formalin, boraks, zat perwarna tekstil, hingga cemaran mikroba. Etty menambahkan pihaknya juga mewaspadai peredaran ayam tiren ataupun daging tidak halal seperti campuran daging celeng. "Kami lakukan pengawasan 10 hari, diawal tengah dan akhir sebelum lebaran," katanya.

Petugas juga mengecek sejumlah ruang pendingin penyimpanan ayam dan daging di pasar swalayan. Petugas meminta kepada pasar swalayan agar jangan sampai terjadi kondensasi atau ketidaksesuaian suhu.

"Jangan sampai cool storage enggak layak. Ada kemungkinan suhunya fluktuatif. Karena daging itu gampang rusak atau busuk," tegasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5187 seconds (0.1#10.140)