Sebelum Jadi Gubernur, Jokowi pun Minta Restu ke Masjid Keramat Luar Batang

Minggu, 08 Mei 2016 - 03:43 WIB
Sebelum Jadi Gubernur, Jokowi pun Minta Restu ke Masjid Keramat Luar Batang
Sebelum Jadi Gubernur, Jokowi pun Minta Restu ke Masjid Keramat Luar Batang
A A A
JAKARTA - Masjid Keramat Luar Batang sejak zaman dahulu kerap didatangi Gubernur DKI Jakarta dari masa ke masa. Hanya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang belum pernah mengunjungi masjid keramat tersebut.

Ketua Pengurus Masjid Jami Keramat Luar Batang Habib Husein bin Hasan bin Abu Bakar bin Husein mengatakan, ada tradisi tak tertulis yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta. Tradisi itu bahkan telah dilakukan sejak zaman pemerintahan Belanda, yakni ikut menjaga kawasan Masjid Keramat Luar Batang untuk tetap lestari.

Apalagi, di dalam Masjid Keramat terdapat makam pemuka agama Islam Habib Keramat. "Sejak dari zamannya Gubernur Ali Sadikin, Soerjadi dan Fauzi Bowo pun begitu. Masjid ini dijadikan sebagai situs cagar budaya. Semua Gubernur itu sudah pernah datang ke sini. Pak Jokowi bahkan sebelum dia jadi Gubernur pun ke sini," paparnya.

Saat itu, lanjut Habib Husein, Jokowi dengan memakai baju kotak-kotaknya, diarahkan orang-orangnya berziarah di masjid ini."Pak Jokowi bertemu bertemu dengan saya, katanya siapa tahu diberi restu. Atas izin Allah, dia jadi Gubernur dan sekarang jadi Presiden," imbuhnya.

Namun, kata Habib Husein, setelah Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi akhirnya tak lagi berkunjung ke Masjid Keramat, apalagi sejak menjadi Presiden. Seolah kacang yang lupa pada kulitnya.

Hanya saja, dari sekian banyak Gubernur DKI Jakarta, tambah Habib Husein, ada satu Gubernur DKI yang tak pernah mengunjungi Masjid Keramat yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4255 seconds (0.1#10.140)