Ini Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas di Jakarta pada Hari Buruh

Sabtu, 30 April 2016 - 04:23 WIB
Ini Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas di Jakarta pada Hari Buruh
Ini Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas di Jakarta pada Hari Buruh
A A A
JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya berencana melakukan pengalihan arus lalu lintas pada peringatan Hari Buruh 1 Mei 2016, besok. Pengalihan itu dilakukan untuk memgantisipasi terjadinya kemacetan di jalanan.

"Rekayasa arus lalu lintas ini juga bagian pengamanan Polda Metro Jaya pada serikat pekerja yang akan berunjuk rasa di hari buruh internasional. Wilayah yang akan diberlakukan pengalihan lalu lintas seperti di Harmoni, Istana Negara, Monas, Kebon Sirih, Sarinah, Bundaran HI, dan Gedung DPR MPR RI," ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin pada wartawan, Jumat 29 April 2016 kemarin.

Menurut Risyapudin, penerapan rekayasa arus lalu lintas itu pun dilakukan secara situasional selama para buruh melakukan aksi demonstrasi di Jakarta.

Berikut titik pengalihan arus lalu lintas:

1. TL Harmoni dan sekitar Istana Negara
-Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Suryo Pranoto menuju Jalan Sudirman-Thamrin diarahkan ke Jalan Juanda atau dialihkan ke kiri ke Jalan KH Hasyim Ashari -Grogol-Jalan S. Parman maupun Daan Mogot.

Untuk kendaraan dari arah Hayam Wuruk menuju Jalan Sudirman-Thamrin dialihkan ke kiri menuju Jalan Juanda-Jalan Pos-DR.Sutomo - Gunung Sahari, dan seterusnya. Kendaraan dari Medan Merdeka Utara menuju TL Oteva akan diputar balikkan ke arah Veteran 1. Dari Veteran 1 menuju ke arah Harmoni akan putar balik menuju Jalan Juanda lanjut ke arah Pasar Baru. Kemudian arus kendaraan dari Medan Merdeka Timur dibelokkan menuju Jalan Perwira.

2. Bundaran Air Mancur atau Monas

Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat atau Jalan Sudirman-Thamrin akan dialihkan ke arah Jalan Abdul Muis-Jalan Fachrudin, dan seterusnya. Arus kendaraan yang datang dari arah Kwitang Senen menuju Monas akan diputar balikkan melalui Gunung Agung atau melalui Medan Merdeka Timur, Gambir dan seterusnya.

3. Kebon Sirih - Sarinah
- Arus kendaraan yang datang dari arah Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Fachrudin-KH Mas Mansyur dan sebagainya. Sedangkan untuk arus kendaraan yang datang dari arah Agus Salim dialihkan ke kanan Kebon Sirih-Tugu Tani, dan sebagainya.

4. Bundaran HI
- Arus kendaraan yang datang dari arah Sudirman ke arah Bundaran HI dialihkan ke Jalan Tanjung Karang-Kendal-Latuharhari, atau Tanjung Karang belok ke kiri Blora-kembali lagi ke Jalan Sudirman Arah Semanggi. Arus kendaraan yang datang dari arah Kendal menuju ke Tanjung Karang akan ditutup dan dialihkan ke arah Blora- ke kiri Sudirman arah Semanggi. Sedangkan arus kendaraan dari Imam Bonjol dibelokkan menuju Jalan Pemekasan.

5. Sekitar Gedung MPR DPR RI
-TL Lapangan Tembak, kendaraan massa yang datang dari Jalan Asia Afrika diarahkan balik arah kembali ke Jalan Asia Afrika atau lurus ke arah Pospol Palmerah. Selanjutnya, flyover Senayan, kendaraan massa dari arah timur diarahkan belok kiri ke Jalan Gerbang Pemuda, dan tidak ada yang lurus menuju depan Gedung DPR MPR RI.

Sedangkan untuk kendaraan massa dari arah selatan diarahkan lurus naik flyover menuju Semanggi atau balik arah melalui kolong flyover menuju lapangan tembak. Di Kawasan Semanggi, kendaraan massa dari arah timur diarahkan belok kiri ke arah Bundaran Senayan dan tidak ada yang lurus ke arah barat.

Untuk kendaraan massa dari arah selatan diarahkan lurus ke arah utara Bundaran HI, sedangkan dari arah utara diarahkan lurus ke arah Bundaran Senayan. Pospol Palmerah, kendaraan massa dari arah utara seperti Pejompongan atau Manggala akan diarahkan lurus ke arah Permata Hijau.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7706 seconds (0.1#10.140)