Banjir, Akses ke Taman Mini Terputus

Kamis, 21 April 2016 - 11:23 WIB
Banjir, Akses ke Taman Mini Terputus
Banjir, Akses ke Taman Mini Terputus
A A A
JAKARTA - Akses dari Jalan Raya Bogor menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) serta menuju Kramatjati putus total lantaran tergenang. Banjir hingga setinggi 90 cm itu disebabkan meluapnya Sungai Cipinang.

Banjir setinggi 90 cm ini melumpuhkan aktivitas warga di kawasan itu. Saat ini tak satupun pengendara yang berani melintas kawasan itu.

"Enggak bisa lewat ini. Mobil juga susah lewat. Tadi motor juga dipaksa jalan, eh mesinnya malah mati," kata Suratman saat ditemui Sindonews di lokasi, Jakarta Timur, Kamis (21/4/2016).

Tak hanya motor dan mobil yang tidak bisa melewati kawasan ini, bahkan truk besar terjebak banjir. "Ya itu pada macet. Sebagian dialihkan. Ada yang puter balik. Mau enggak mau nunggu surut dulu. Baru bisa lewat," kata Suratman.

Tk hanya di jalan sekitar Taman Mini, banjir juga mulai memasuki pemukiman. Salah satunya di Jalan Remaja 1 Kelurahan Tengah, kecamatan Kramatjati Jakarta Timur yang terendam setinggi 50-70 cm atau setinggi paha orang dewasa.

Banjir terjadi karena daerah ini dialiri pecahan Kali Induk yang meluap sejak subuh tadi. Warga juga tak ā€ˇmemungkiri bahwa kali ini sering meluap sehingga menimbulkan banjir disekitarnya.

"Biasanya enggak pernah sampai begini. Tapi memang hujannya dari pagi besar sekali. Jadi ya kalinya meluap dan rumah pada terendam semua," kata Sarijem (70) warga Jalan Remaja 1, Kampung Tengah, Jakarta Timur, Kamis (21/4/2016).

Sarijem mengaku, ini kedua kalinya banjir di kawasan ini terjadi. Banjir pertama terjadi di tahun 2008 namun ketinggiannya melebihi banjir yang hari ini terjadi. "Dulu lebih tinggi, sampai sepinggang," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8530 seconds (0.1#10.140)
pixels