Mayoritas PNS Obesitas, Pemkot Depok Siapkan Instruktur Senam

Kamis, 31 Maret 2016 - 18:02 WIB
Mayoritas PNS Obesitas, Pemkot Depok Siapkan Instruktur Senam
Mayoritas PNS Obesitas, Pemkot Depok Siapkan Instruktur Senam
A A A
DEPOK - Berdasarkan hasil tes kebugaran terhadap 5.132 orang PNS Kota Depok, diketahui 69 persen atau 3.541 PNS mengalami obesitas. Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, Pemkot Depok akan memanggil instruktur senam dan fitnes untuk menjaga kesehatan aparatur negara.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan Zakiah mengatakan, pendataan Indeks Masa Tubuh (IMT) di Depok sudah dileakukan beberapa waktu lalu. "Mayoritas memang PNS kegemukan dan obesitas," kata Zakiah, Kamis (31/3/2016).

Sedangkan pada tahun 2014 terdapat 2.332 PNS yang ikut tes kebugaran dari total 7.752 PNS. Hasilnya, 970 orang mengalami kegemukan hingga obesitas. "Kami data semua instansi dari guru sampai di tingkat kelurahan dan kecamatan," katanya.

Penghitungan IMT menggunakan standar orang Asia Tenggara. Yaitu dengan menghitung berat badan dibagi dengan tinggi badan yang dikuadratkan dalam satuan meter. (Baca: 30 Persen PNS Depok Alami Obesitas)

Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad akan membuat beberapa program kesehatan agar PNS kembali ke berat ideal. Bahkan, pemerintah bakal mempekerjakan pelatih senam dan fitnes, untuk menjaga kesehatan aparatur pemerintah.

Dikatakannya, banyak PNS yang kegemukan karena mereka malas berolahraga dan tidak mengatur pola makan yang sehat. Apalagi, kemajuan teknologi dalam memesan makanan, membikin mereka minim melakukan aktifitas fisik. "Banyak faktor yang menyebabkan mereka kegemukan sampai obesitas kelas dua," ujarnya.

Padahal, kata dia, orangyang kegemukan atau obesitas terancam penyakit stroke, gangguan pernapasan, penyakit kantung empedu, gangguan hormonal, radang tulang sendi, jantung, diabetes, kanker gangguan kardiovaskular dan lainnya.

"Memang cukup mendesak untuk memanggil instruktur senam dan fitnes di Depok, untuk menjaga kesehatan PNS," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5050 seconds (0.1#10.140)