Dijaga Polisi, Penjarah Nekat Satroni Kafe di Kalijodo

Rabu, 24 Februari 2016 - 19:40 WIB
Dijaga Polisi, Penjarah Nekat Satroni Kafe di Kalijodo
Dijaga Polisi, Penjarah Nekat Satroni Kafe di Kalijodo
A A A
JAKARTA - Pemilik kafe di Kalijodo mengeluh banyaknya aksi penjarahan yang dilakukan orang tak bertanggungjawab. Para penjarah sepertinya sangat nekat karena kawasan tersebut sejak sepekan terakhir dijawa puluhan aparat Polda Metro Jaya.

Suryana (45) salah satu pemilik tiga kafe di Kalijodo menjelaskan, semenjak meninggalkan kafe beberapa waktu lalu, sejumlah benda di kafe banyak yang hilang mulai dari Air Conditioner (AC), kipas angin, sound system, mesin cuci, kompor hingga beberapa lampu kecil.

"Saya kaget pas masuk kafe, pintu sudah kebuka. Hampir semua benda elektronik sudah hilang," jelas pria asal Cianjur, Jawa Barat ini, Rabu (24/2/2016). Tak hanya menjarah sejumlah benda elektronik, beberapa atap bangunan seperti asbes hingga perabotan seperti kursi tamu, meja, termasuk sofa tempat duduk PSK juga lenyap digondol pencuri.

"Kalau ditotal mungkin ada sekitar Rp 20 juta," tuturnya. Sekalipun hilang, namun Suryana enggan melaporkan hal ini kepada kepolisian. Suryana mengaku pasrah dengan kejadian ini, padahal rencananya beberapa barang itu akan dilelang sebelum kembali ke kampung halamannya.

Untuk diketahui rencana relokasi kawasan Kalijodo yang berhembus belakangan ini mendorong sejumlah pemulung berdatangan ke kawasan seluas 3,9 hektare. Para pemulung mengaku dapat meraup untung hingga ratusan ribu rupiah hanya dalam 3 jam kerja.

"Biasanya kita kerja 8 jam keliling kampung cuman dapat Rp50.000. Tapi kalau di sini kita bisa dapat Rp100 ribu dalam 3 jam kerja," ujar Budi (25) salah seorang pemulung di Kalijodo.
(ysw,ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7069 seconds (0.1#10.140)