Ada Jajanan Anak Mirip Kondom, Ini Kata Okky Asokawati

Selasa, 26 Januari 2016 - 23:05 WIB
Ada Jajanan Anak Mirip...
Ada Jajanan Anak Mirip Kondom, Ini Kata Okky Asokawati
A A A
JAKARTA - Komisi IX DPR menilai temuan jajanan anak yang mirip kondom di Bekasi karena tidak efektifnya satgas yang dibentuk BPOM bersama kepolisian serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dengan pengawasan makanan.

Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati sangat menyesalkan beredarnya jajanan anak menyerupai kondom. Apalagi, BPOM merilis jajanan tersebut tidak terdaftar.(Baca: Jajanan Anak Mirip Kondom Beredar di SD Bekasi)

Meski sebenarnya anak tentu tidak tahu apa itu kondom, lanjut Okky, yang patut digarisbawahi jajanan anak-anak harus dipastikan bersih dan menyehatkan, tentu juga bentuk makanannya tidak menimbulkan polemik.

Okky menuturkan, temuan jajanan ini seharusnya menjadi momentum seluruh stakeholder untuk mengaudit secara sungguh-sungguh dan komprehensif terhadap seluruh makanan dan jajanan bagi anak-anak baik di sekitar sekolah maupun lingkungan rumah.

"Satgas yang dibentuk oleh BPOM bersama kepolisian serta Kemendagri terkait dengan pengawasan makanan ini terbukti tidak berjalan efektif. Di era otonomi daerah ini, peran pemda juga menjadi kunci untuk keberpihakan terhadap kesehatan makanan anak-anak sekolah," jelas Okky dalam rilis yang diterima Sindonews, Selasa (26/1/2016).

Okky menuturkan, Pemda harus proaktif terhadap kesehatan makanan anak-anak sekolah. Selain itu, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) semestinya kembali digalakkan di sekolah-sekolah. Dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dinas kesehatan di pemerintah daerah harus memberi perhatian serius terhadap keberadaan UKS.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0829 seconds (0.1#10.140)