Usai Perayaan Tahun Baru, Bundaran HI Dipenuhi Sampah

Jum'at, 01 Januari 2016 - 06:10 WIB
Usai Perayaan Tahun Baru, Bundaran HI Dipenuhi Sampah
Usai Perayaan Tahun Baru, Bundaran HI Dipenuhi Sampah
A A A
JAKARTA - Usai puluhan ribuan masyarakat Car Free Night (CFN) melakukan perayaan malam pergantian tahun di Bundaran HI, Jakarta Pusat, kawasan tersebut dipenuhi sampah. Suku Dinas Kebersihan Jakarta Pusat pun dibuat repot untuk membersihkannya.

Berdasarkan pantauan, sampah yang ditinggalkan pengunjung Car Free Night tampak sembarangan, bahkan sampai ke kolam Monumen Selamat Datang. Sampah itu rata-rata bungkus plastik bekas makanan, botol minuman, kertas terompet hingga puntung rokok.

Ini mengindikasikan masih rendahnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan kota. Setelah asyik minum, mereka meninggalkan begitu saja botol minumannya. Hal itu tak bisa terelakan, sebab Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga tak menyediakan tempat pembuangan sampah yang memadai. Jarak antara tempat sampah satu dengan yang lain sangat jauh.

"Habis mau buang dimana, daripada jauh-jauh buang sampah di tong sampah itu (sambil menunjuk salah satu mal di Bundaran HI), ya saya geletakan saja botol minuman di jalan," kata Astrid (23), pengunjung asal Bekasi ini di Bundaran HI, Jumat (1/1/2016).

Meski sampah berserakan, tidak membuat petugas kebersihan bermalas-malasan untuk membersihkan sampah itu.

"Merepotkan juga sih. Tapi ya memang itu sudah tugas kami. Meski capai, ya saya semangat saja," ujar salah seorang petugas kebersihan dari Suku Dinas Kebersihan Jakarta Pusat, Kaurian (53).

Dengan memakai baju seragam berwarna orange, dia bersama 29 rekannya tampak semangat mengembalikan kawasan Bundaran HI tampak bersih dan enak dipandang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6599 seconds (0.1#10.140)